Solusi Sederhana Untuk Mengatasi Mata Kering


Pernahkah Anda mengalami kejadian dimana mata Anda terasa kering sehingga Anda harus mengerdipkannya selama berkali kali agar kembali terasa nyaman? Hal tersebut merupakan fenomena yang biasa terjadi pada sebagian besar orang dan tidak memandang usia. Hal tersebut dikarenakan banyaknya factor yang dapat mengakibatkan terjadinya gangguan mata kering ini, bisa dikarenakan melihat layar computer terlalu lama, obat obatan tertentu, ataupun factor usia. Walau gangguan mata ini tergolong ringan, namun rasa tidak nyaman yang muncul dapat mengganggu kegiatan sehari hari Anda, seperti pada saat menyetir kendaraan atau bahkan ketika sedang melakukan hal hal penting.  Kali ini kami akan membahas cara sederhana untuk mengatasi mata kering, silahkan Anda simak ulasan dibawah. 

Solusi Sederhana Untuk Mengatasi Mata Kering

Penyebab Mata Kering

Sebelum masuk ke cara untuk menghilangkan gangguan mata ini, maka sudah selayaknya jika kita mengetahui beberapa penyebab utama mata kering terlebih dahulu. Pada dasarnya, mata kering terjadi karena tubuh Anda memproduksi air mata dengan jumlah lebih sedikit dibawah jumlah normal, atau ada perubahan pada komposisi kimia dari air mata Anda, atauy bahkan air mata yang memiliki siklus penguapan tidak normal.

Sebenarnya banyak sekali faktor yang mempengaruhi jumlah produksi air mata dalam tubuh. Namun secara medis, produksi air mata akan cenderung berkurang seiring dengan bertambahnya usia, karena itu jugalah gangguan mata kering ini cukup sering dijumpai pada orang yang telah lanjut usia. Wanita yang telah masuk ke dalam masa menopause umumnya juga lebih sering terkena gangguan mata kering ini. Beberapa penyebab lain adalah obat obatan medis, seperti antidepressant, antihypertensives, dan masih banyak jenis obat lainnya juga dapat menyebabkan gejala yang sama. 

Solusi Sederhana Untuk Mengatasi Mata Kering

Berada di bawah terik matahari dalam waktu yang lama juga dapat menjadi penyebab keringnya mata, begitu juga dengan berbagai macam aktifitas yang mempercepat proses menguapnya air mata, contohnya adalah berada di depan layar computer karena secara otomatis mata kita akan memiliki frekuensi berkedip yang lebih banyak daripada biasanya.

Solusi Mengatasi Mata Kering 

Mata kering bukanlah suatu pertanda dari gejala penyakit parah, karena itu jika Anda merasa mengalami gejala penyakit ini tidak perlu terburu buru pergi ke dokter, ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Solusi Sederhana Untuk Mengatasi Mata Kering

Anda tentu saja sudah mengetahui beberapa penyebab mata kering yang kami tuliskan di atas bukan? Solusi sederhana untuk mengatasi mata kering adalah menghindari penyebab penyebab tersebut. Contohnya adalah jika gangguan terjadi ketika Anda selesai mengkonsumsi obat obatan tertentu, maka Anda dapat menghindari obat tersebut. Jika penyebabnya adalah udara yang panas, maka coba lindungi mata Anda dengan menggunakan kaca mata hitam. Namun jika penyebabnya adalah faktor usia maka tidak banyak yang dapat Anda lakukan karena hal tersebut bersifat alami.

Obat tetes mata adalah salah satu langkah cepat dan sederhana untuk menghilangkan mata kering ini, namun pastikan jika Anda tidak melakukannya terlalu sering karena dapat membawa efek yang kurang baik bagi mata kita. Langkah langkah tersebut seharusnya sudah dapat membantu Anda untuk terhindar dan terobati dari gangguan mata kering. Tetapi jika gejala terasa tidak wajar, maka langkah terbaik adalah mengunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sumber gambar: inlifehealthcare, allaboutvision

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us