Penyebab Sesak Nafas Yang Perlu Anda Ketahui


Bernafas adalah mekanisme dasar dari tubuh untuk bertahan hidup, ketika bernafas kita menghirup oksigen dalam udara untuk kemudian dikeluarkan kembali menjadi karbondioksida. Sayangnya, banyak hal yang dapat mengganggu proses ini sehingga menyebabkan seseorang kesulitan bernapas, gejala yang sedemikian rupa disebut sesak nafas. Pada dasarnya sesak nafas merupakan indikasi dari penyakit lain, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa sesak nafas dihasilkan karena kurangnya asupan udara yang muncul akibat kondisi lingkungan yang tidak memadai, seperti lingkungan yang terlalu padat manusia, berada pada ketinggian tertentu, atau pada suhu panas yang ekstrim. Berikut adalah daftar penyebab sesak nafas yang sering terjadi.

Penyebab Sesak Nafas Yang Perlu Anda Ketahui

Kondisi Penyebab Sesak Nafas

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, sesak nafas memiliki banyak sekali penyebab, antara lain:

  • Asma
  • Pilek
  • Tekanan Darah Rendah
  • Masalah Pada Paru Paru
  • Polusi Udara
  • Gangguan Pada Jantung

Daftar tersebut tentu saja dapat lebih dikembangkan lagi menjadi lebih panjang, namun beberapa masalah diatas merupakan masalah utama yang menjadi penyebab penyakit sesak nafas.  Penyakit yang memiliki keterkaitan dengan paru paru dan jantung merupakan penyebab yang paling sering mengakibatkan sulitnya bernafas. Hal tersebut tidaklah aneh karena paru paru merupakan salah satu organ utama dalam proses pernafasan. Pneumonia merupakan salah satu contoh penyakit yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan bernafas. Penyakit yang disebabkan karena adanya pembengkakan pada bagian paru paru, khususnya alveoli ini selain dapat menyebabkan sesak nafas juga disertai dengan gejala gejala lainnya, seperti batuk, demam, ataupun rasa sakit pada bagian dada.

Penyebab Sesak Nafas Yang Perlu Anda Ketahui

Tidak hanya penyakit yang melibatkan organ dalam, penyakit sederhana seperti pilek juga dapat menyebabkan Anda mengalami sesak nafas. Alasannya cukup jelas, karena jalur udara yang ada pada hidung tersumbat, karena itu penting pada penderita penyakit pilek untuk sebisa mungkin mengeluarkan cairan lender yang ada pada hidungnya sehingga mempermudah proses pernafasan.

Cara Menangani Sesak Nafas

Dikarekanan penyebab sesak nafas yang bervariasi, penanganan setiap orang tentu saja berbeda beda tergantung penyebab serta gejalanya. Namun ketika penyebab sesak nafas Anda diakibatkan kondisi lingkungan yang memicu asma atau alergi, maka cara paling cepat agar Anda dapat mengatasi sesak nafas tersebut adalah dengan menghindari faktor pemicunya. Contoh paling sederhana adalah ketika Anda merasa sesak nafas pada tempat yang panas, maka sebisa mungkin hindarilah tempat panas tersebut, jika Anda sesak nafas akibat debu, maka pastikan selalu bahwa linkungan Anda memiliki kebersihan yang terjaga.

Penyebab Sesak Nafas Yang Perlu Anda Ketahui

Namun jika sesak nafas disebabkan oleh penyakit dalam, maka solusi paling tepat adalah pergi ke dokter terdekat. Setelah melakukan check-upi  pada dokter, umumnya mereka akan memberi beberapa jenis pengobatan yang paling cocok untuk menangani penyebab keluhan Anda. Yang paling penting adalah jangan pernah meremehkan penyakit sesak nafas ini karena bisa jadi penyakit ini adalah pertanda dari adanya penyakit lebih parah yang tengah menyerang Anda.

Sumber gambar: alodokter, wordpress

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us