Penyebab Nyeri Sendi Dan Cara Mengatasinya


Anda tentu pernah mengalami rasa sakit yang terjadi pada bagian lutut atau siku bukan? Jika pernah itu berarti saat itu Anda tengah mengalami apa yang disebut dengan nyeri sendi. Penyakit yang biasa dikenal dengan istilah linu ini sebenarnya merupakan salah satu gangguan yang paling sering ditemui pada kalangan orang yang berusia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa gangguan ini menyerang mereka yang masih mudah dikarenakan gaya hidup yang kurang sehat atau penyebab lainnya. Nyeri sendiri ini tentu saja dapat mengganggu kegiatan Anda sehari hari, bahkan dalam kasus yang cukup parah nyeri sendi ini dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama dan intensitas yang tinggi. Karen itu, perlu kiranya Anda mengetahui beberapa penyebab dan cara mengatasi nyeri sendi yang akan kami ulas di bawah ini.

Penyebab Nyeri Sendi Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Nyeri Sendi

Sebenarnya nyeri sendi tidak terbatas hanya dalam satu bagian sendi saja, namun rasa sakit yang muncul dapat terjadi pada dua atau bahkan lebih bagian sendi. Tentunya jika rasa sakit tersebut terjadi pada lebih dari 2 sendi dalam waktu bersamaan, bisa jadi hal tersebut merupakan indikasi akan adanya penyakit yang lebih berbahaya. Berikut adalah beberapa penyebab nyeri sendi tersebut:

  • Penyakit asam urat
  • Patah tulang
  • Dislokasi sendi
  • Rusaknya tulang yang berada di belakang tempurung lutut
  • Arthritis, seperti osteoarthritis, psoriatic arthritis, ataupun rheumatic arthritis
  • Efek samping obat obatan

Penyebab Nyeri Sendi Dan Cara Mengatasinya

Tentu saja daftar diatas tidak akan cukup untuk memasukkan seluruh penyebab penyakit nyeri sendi ini, karena seperti yang telah kami tulis sebelumnya bahwa penyakit nyeri sendi ini merupakan penyakit yang memiliki banyak variasi dari segi penyebab dan tingkat keparahan penyakitnya. Bisa jadi penyebab dari nyeri sendi hanyalah sekedar linu biasa, yang umumnya diakibatkan oleh jarang bergerak ataupun bergerak secara ekstrim tanpa melakukan pemanasan, bisa jadi juga karena merupakan indikasi dari penyakit penyakit lain.

Cara Mengatasi Nyeri Sendi

Dalam setiap penyakit dan gangguan tubuh, sebenarnya cara paling ampuh adalah berkonsultasi dengan dokter karena selain bisa mendapatkan detail dari penyakit yang tengah menyerang Anda, dokter juga memiliki kemampuan untuk membuatkan resep obat yang sesuai. Tapi bukan berarti Anda tidak dapat mencoba untuk mengobati sendiri nyeri sendi ini, berikut adalah beberapa caranya:

  • Menghindari aktifitas fisik selama beberapa waktu
  • Mengompres bagian sendi yang sakit dengan es
  • Minum obat pereda nyeri sendi seperti ibuprofen

Penyebab Nyeri Sendi Dan Cara Mengatasinya

Namun ketika rasa sakit tersebut tidak segera hilang walaupun telah mengkonsumsi obat obatan pereda rasa sakit, maka Anda harus segera menghubungi dokter terdekat, terlebih lagi ketika rasa sakit pada sendi tersebut didampingi dengan peradangan pada bagian yang bersangkutan.

Sumber gambar: liputan6,klikdokter

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us