Penyebab Kram Dan Cara Mengatasinya


Apakah Anda pernah mengalami kejadian dimana salah satu bagian tubuh Anda terasa kaku dan sakit? Jika pernah berarti Anda tengah mengalami apa yang biasa disebut dengan kram. Umumnya kram ini dapat terjadi kapanpun dan pada saat yang tidak diduga duga dan tidak mengenal usia, baik kalangan orang tua maupun muda dapat terserang gangguan ini. Penyakit kram ini memang bukan tergolong dalam gangguan yang dapat menyebabkan kematian, namun ketika kram ini terjadi pada saat berenang tentu saja sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan seseorang tenggelam, sudah banyak kasus serupa yang terjadi. Karena itulah penting kiranya bagi Anda untuk mengetahui segala hal tentang gangguan kram ini yang akan kami ulas dalam bahasan berikut.

Penyebab Kram Dan Cara Mengatasinya

Definisi Kram

Kram adalah suatu kondisi dimana otot pada tubuh mengalami kondisi tegang yang amat sangat sehingga menghasilkan rasa sakit yang dapat bertahan hingga hitungan menit, namun pada kasus yang sangat parah bisa dalam hitungan hari, hal tersebut membutuhkan penanganan dokter dengan segera. Umumnya kram terjadi pada bagian kaki, namun tidak menutup kemungkinan juga kram menyerang bagian tubuh lain yang tidak diduga duga seperti bagian perut, kram sejenis ini biasanya terjadi saat seseorang tengah berenang dan termasuk dalam salah satu kram paling mematikan karena dapat mengakibatkan seseorang tenggelam.

Penyebab Kram Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kram

Pada dasarnya ada banyak sekali penyebab kram, namun pada umumnya kram terjadi ketika kita melakukan kegiatan berat namun kondisi otot tubuh tidak dipersiapkan terlebih dahulu. Contohnya adalah tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Berikut adalah beberapa penyebab kram yang perlu Anda ketahui:

  • Kekurangan Mineral
  • Tekanan terhadap syaraf
  • Suplai darah yang tidak memadai
  • Dehidrasi
  • Cedera
  • Terkena Suhu dingin

Tentu saja masih ada banyak penyebab lain yang dapat mengakibatkan kram pada bagian tubuh tertentu, tetapi beberapa penyebab diatas adalah yang paling umum terjadi dan muncul secara tiba tiba.

Cara Mengatasi Kram

Sebenarnya, lebih baik menghindari daripada mengatasi kram, karena rasa sakit dan tidak nyaman yang muncul akibat gangguan tersebut cukup mengganggu dan dapat mengakibatkan Anda tidak dapat beraktifitas hingga kram tersebut hilang, namun jika secara kebetulan Anda terserang kram, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan

  • Hentikan aktifitas dan lemaskan otot, lakukan peregangan jika bisa
  • Pijat bagian tubuh yang kram
  • Kompres dengan air panas
  • Minum air putih
  • Gunakan obat obatan pereda nyeri (Tidak dianjurkan kecuali jika kram bertahan dalam waktu lama)


Penyebab Kram Dan Cara Mengatasinya

Terkena kram memang bukan sebuah hal yang enak, namun kram tersebut dapat menjadi pertanda bahwa otot Anda memerlukan sedikit pelemasan sebelum beraktifitas. Jadi, pastikan Anda sudah melakukan pemanasan sebelum beraktifitas, dan minum cukup air serta pastikan pasokan darah ke bagian tubuh tertentu tidak tersumbat karena penggunaan aksesoris atau pakaian tertentu.

Sumber gambar: deherba, babatpost

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us