Makanan Dan Minuman Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui


Menyusui merupakan salah satu periode yang memegang peranan yang sangat penting bagi perkembangan anak, tentu tidak kalah penting dengan saat masa kehamilan. Pada periode ini, ibu dan anak memiliki hubungan batin yang sangat kuat. Maka dari itu masa menyusui ini juga membawa pengaruh besar terhadap perkembangan mental dan fisik anak. Dikarenakan pentingnya fase menyusui ini bagi perkembangan anak, maka ibu yang baik juga sudah harus mengetahui makanan atau minuman apa saja yang sebaiknya dihindari. Artikel ini akan membahas makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu yang tengah menyusui.

Makanan Dan Minuman Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui

Pada dasarnya makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh ibu tidak akan mampu membawa dampak langsung terhadap anak bayi. Namun berhubung anak bayi masi mengkonsumsi asi yang tentunya berasal dari tubuh ibu mereka, maka tentu saja nantinya asi tersebut yang akan membawa dampak buruk bagi bayi. Tidak hanya itu, ada juga beberapa makanan atau minuman yang juga dapat menurunkan kualitas asi sehingga bayi tidak ingin mengkonsumsinya. Berikut adalah makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu yang tengah menyusui.

Minuman Beralkohol

Sudah jelas memang bahwa kita tidak disarankan untuk minum minuman keras atau yang mengandung alcohol, hal ini mendapat lebih banyak penekanan khususnya bagi ibu yang tengah hamil. Alkohol dapat membawa pengaruh buruk terhadap asi yang nantinya dikonsumsi oleh bayi tersebut.  Selain mengurangi jumlah asi yang diproduksi oleh ibu, alcohol juga dapat membuat bayu menjadi lemas, lunglai, dan tidak bersemangat.

Makanan Dan Minuman Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui

Kafein

Anda pasti sudah memahami minuman yang mengandung kafein bukan? Ya , minuman seperti kopi, soda, atau teh juga sebaiknya dikurangi, karena kafein yang terdapat dalam minuman tersebut dapat tersalurkan ke dalam tubuh bayi melalui asi. Kafein tersebut dapat mengakibatkan bayi menjadi lebih susah tidur, bahkan dalam kasus yang lebih parah lagi dapat terjadi iritasi pada saluran pencernaan bayi tersebut.

Makanan Dan Minuman Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui

Makanan yang dapat mengakibatkan alergi

Makanan yang memiliki bahan dasar susu, telur, kacang kacangan, dan segala jenis makanan yang dapat mengakibatkan alergi juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu yang tengah menyusui. Beberapa bayi yang sensitive terhadap zat zat tersebut dapat mengalami gejala alergi seperti diare, namun yang paling sering terjadi adalah bercak kemerahan yang muncul pada bayi. Jika bercak ini sudah muncul, maka segera hentikan konsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu terjadinya alergi tersebut.

Beberapa contoh di atas adalah makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu yang temgah menyusui. Sebagai seorang ibu, tentunya Anda sudah mampu memberi yang terbaik bagi buah hati Anda.

Sumber gambar: pengensehat,garagara

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us