Hal Tentang Lambung Yang Harus Kamu Ketahui


Lambung merupakan salah satu organ pencernaan manusia yang memegang fungsi penting dalam proses penyerapan gizi dari makanan. Dalam kegiatan sehari hari, kita tidak bisa lepas dari konsumsi makanan ataupun minuman, tentu saja hal tersebut secara tidak langsung membuat lambung kita bekerja secara terus menerus. Bahkan ketika waktu yang dianjurkan bagi lambung agar tidak bekerja, beberapa orang masih memaksa organ vital ini untuk terus memproses makanan, contohnya adalah orang yang “ngemil” pada malam hari. Karena itulah tidak heran jika sakit lambung merupakan keluhan yang sering dialami oleh sebagian besar orang, seperti maag atau biasa dikenal dengan asam lambung. 

Hal Tentang Lambung Yang Harus Kamu Ketahui

Menjaga kesehatan lambung merupakan salah satu hal penting yang harus Anda lakukan agar kondisi lambung Anda tetap terjaga dan terhindar dari penyakit berbahaya. Namun alangkah baiknya jika Anda mengenal lebih dekat organ pencernaan Anda yang satu ini. Berikut adalah beberapa hal tentang lambung yang harus Anda ketahui.

Lambung Merupakan Organ Tubuh Yang Dinamis dan Elastis

Mungkin beberapa dari Anda berpikir sebagai salah satu orang penting dalam pencernaan, lambung merupakan benda yang keras dan memiliki ukuran tetap. Namun nyatanya tidak demikian, lambung merupakan salah satu organ tubuh yang dapat dikategorikan ke dalam klasifikasi organ lentur, namun tentu saja kelenturan tersebut tetap memiliki batas wajar. 

Hal Tentang Lambung Yang Harus Kamu Ketahui

Jika tidak sedang terisi oleh makanan, maka lambung kita cenderung memiliki ukuran yang lebih kecil, namun ketika makanan tersebut sudah mulai masuk dan memenuhi lambung maka ukurannya dapat mengembang hingga mampu muat untuk kurang lebih 1,5 liter makanan.

Bekerja Secara Otomatis dan Sistematis

Lambung memiliki kemampuan untuk menghaluskan makanan selama kurang lebih tiga jam. Tentu saja hal tersebut kembali lagi pada kondisi makanan yang masuk, ketika kondisi makanan tersebut sudah cukup halus, maka waktu yang dibutuhkan lambung untuk memprosesnya juga akan menjadi semakin singkat. Sebagai salah satu organ tubuh yang memegang peranan penting dalam proses pencernaan, lambung memiliki kemampuan unik yaitu mendiamkan makanan dingin yang berada di dalamnya sehingga suhu makanan tersebut akan menjadi normal untuk kemudian diproses.

Kemampuan Untuk Membunuh Bakteri

Tentu saja makanan sangat erat kaitannya dengan bakteri, hampir dapat dipastikan bahwa sebagian besar makanan yang kita konsumsi sehari hari mengandung bakteri. Lalu kemudian muncul pertanyaan, mengapa kita tidak jatuh sakit? Hal tersebut dikarenakan lambung yang juga memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri yang dapat mengganggu tubuh kita. Ada kurang lebih 35 juta kelenjar yang dapat menghasilkan getah cerna yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri tersebut. 

Hal Tentang Lambung Yang Harus Kamu Ketahui

Demikian 3 hal mengenai lambung yang perlu kita ketahui. Menjaga kebersihan dan kadar makanan yang kita konsumsi sehari hari merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap organ lambung, organ lambung yang sehat berarti semakin banyak kontribusi terhadap kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Sumber gambar: hariansehat, obatasamlambung

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us