Cara Mengatasi Telinga Yang Kemasukan Air


Berenang memang merupakan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan. Selain berolahrgaa, Anda juga dapat bermain bersama di dalam air dengan keluarga atau teman teman terdekat. Namun, ada beberapa hal yang biasanya terjadi saat Anda berenang, pertama adalah kram dimana hal tersebut merupakan rasa sakit dan kaku pada bagian tubuh tertentu, biasanya kram terjadi ketika Anda tidak melakukan pemanasan yang cukup sehingga tubuh merasa “kaget” karena tiba tiba harus bergerak di dalam air. Hal kedua yang biasanya terjadi adalah telinga yang kemasukan air, kejadian ini sangat umum khususnya di kalangan perenang pemula, tentu saja telinga yang kemasukan air ini bukan merupakan hal yang nyaman karena selain dapat mengganggu pendengaran, ada sensasi tersendiri dalam telinga yang mengganggu. Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara cepat untuk mengatasi telinga yang kemasukan air.

Cara Mengatasi Telinga Yang Kemasukan Air

Gunakan Telapak Tangan

Ada trik sederhana untuk mengeluarkan air yang berada di dalam telinga, yaitu dengan menggunakan telapak tangan. Caranya adalah dengan memiringkan kepala ke samping, pastikan bagian yang kemasukan air berada di sisi bagian bawah. Dengan menggunakan telapak tangan, tutup lubang telinga Anda, kemudian secara perlahan goyang telapak tangan tersebut sehingga posisi telapak yang tadi menutupi lubang akan sedikit terbuka, kemudian tertutup lagi dan begitu seterusnya. Hal tersebut akan merangsang air untuk terdorong keluar.

Cara Mengatasi Telinga Yang Kemasukan Air

Masukkan Lebih Banyak Air

Memang pada awalnya terlihat aneh, mengapa saat telinga kita kemasukan air, cara mengatasinya justru dengan memasukkan lebih banyak air? Jawabannya sederhana, yaitu dengan memasukkan lebih banyak air kemudian mengeluarkannya, air yang berada di dalam telinga tersebut akan ikut keluar juga bersamaan dengan air yang baru saja dimasukkan. Cara melakukannya juga cukup sederhana, yaitu :

  • Miringkan kepala, bagian telinga yang kemasukan air berada di atas.
  • Masukkan sedikit air pada telinga yang kemasukan air tersebut.
  • Tunggu 1-3 detik, segera miringkan kepala Anda kea rah yang berlawanan sehingga posisi telinga yang kemasukan air berada di bawah
  • Air akan keluar dengan sendirinya dari telinga

Uap Panas

Jika beberapa cara diatas masih tidak berhasil, maka Anda harus menggunakan cara yang lebih membutuhkan alat tambahan, yaitu uap air panas. Siapkan air panas di dalam baskom, lalu ambil handuk besar, telungukupkan handuk tersebut di atas kepala Anda agar ruang antara kepala dan baskom tidak terbuka. Hirup uap air yang berada di dalam baskom sembari memiringkan kepala Anda. Cara tersebut akan memancing air untuk keluar dengan sendirinya, jika air masih belum juga keluar maka Anda dapat mencoba mandi air panas yang terbukti efektif untuk menghilangkan air yang masuk ke dalam telinga.

Cara Mengatasi Telinga Yang Kemasukan Air

Beberapa cara diatas adalah bagaimana cara mengeluarkan air yang masuk ke dalam telinga saat berenang. Tentu saja peralatan renang seperti topi ataupun ear plug dapat membantu Anda agar mencegah terjadinya kemasukan air tersebut, yang paling penting adalah bagaimana Anda berhati hati dalam berenang supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sumber gambar: merdeka, alodokter

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us