Beberapa Penyebab Menggigil Dan Cara Mengatasinya


Pernahkah Anda merasakan hampir seluruh tubuh Anda bergetar kedinginan? Walaupun sebenarnya pada saat itu cuaca sedang tidak dingin namun tanpa sebab yang jelas Anda merasakan rasa dingin yang luar biasa? Saat itulah dapat disebut bahwa Anda tengah mengalami apa yang biasa kita kenal dengan menggigil. Memang kondisi menggigil tersebut pada dasarnya merupakan pertanda bahwa suhu tubuh kita sedang berada di bawah batasan normal. Karena itulah sebuah langkah yang tepat ketika Anda mencari benda yang dapat menghangatkan atau paling tidak meningkatkan suhu tubuh Anda ketika rasa tidak nyaman tersebut muncul. Artikel kali ini akan membahas secara singkat penyebab dari menggigil dan cara mengatasinya.

Beberapa Penyebab Menggigil Dan Cara Mengatasinya

Definisi Dan Penyebab Dari Menggigil

Menggigil terjadi ketika otot yang ada pada tubuh Anda berusaha untuk meningkatkan suhu tubuh dengan cara berkontraksi secara berulang ulang. Maka tidak heran ketika Anda menggigil pasti merasakan getaran pada beberapa bagian tubuh, di situlah pertanda bahwa otot Anda sedang mengalami kontraksi tersebut. Kaitannya dengan kondisi suhu tubuh, pada dasarnya tubuh kita sudah dilengkapi kemampuan untuk mengenali mana suhu yang berbahaya maupun tidak berbahaya demi kelangsungan kinerja organ, ketika suhu minimal telah dicapai maka secara otomatis tubuh kita akan memberi isyarat secara otomatis, menggigil adalah salah satunya. 

Beberapa Penyebab Menggigil Dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya sebagian orang tentu sudah mengetahui bahwa menggigil adalah salah satu dari pertanda bahwa suhu tubuh sedang berada di bawah batasan yang seharusnya, namun sebenarnya tidak hanya terbatas pada hal itu saja. Infeksi juga dapat mengakibatkan menggigil ini, biasanya gejala yang paling terlihat adalah demam atau panas yang muncul setelah terjadinya menggigil, hal tersebut adalah sebuah pertanda bahwa tubuh kita tengah berjuang melawan suatu penyakit.

Cara Mengatasi Menggigil

Seperti yang sudah kita jelaskan di atas bahwa menggigil dapat dikategorikan ke dalam dua klasifikasi besar. Pertama adalah menggigil yang tidak diikuti atau disertai dengan demam, sedangkan yang kedua adalah menggigil yang disertai ataupun diikuti dengan demam.

Untuk menggigil yang tidak disertai demam pada dasarnya penyebabnya tidak akan jauh jauh dari suhu tubuh, kecuali jika ada penyakit penyakit tertentu. Suhu tubuh dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, apalagi di tengah musim penghujan seperti ini biasanya suhu sekitar dapat menjadi sangat dingin. Cara mengatasi menggigil jenis ini cukup sederhana, yaitu dengan menghangatkan suhu tubuh Anda seperti meminum jahe, atau menggunakan pakaian tebal.

Beberapa Penyebab Menggigil Dan Cara Mengatasinya

Jenis Menggigil kedua adalah menggigil yang disertai atau diikuti dengan demam.  Biasanya hal ini erat kaitannya dengan penyakit. Sebenarnya ada beberapa tahap mengobati menggigil jenis ini. Pertama adalah obati dulu menggigilnya, yaitu dengan teh hangat ataupun jahe yang mengandung anti bakteri. Kemudian obati demamnya dengan obat ataupun dengan istirahat, karena pada dasarnya demam merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh membutuhkan istirahat.

Seperti gejala penyakit lainnya, jika menggigil atau demam tidak segera hilang padahal sudah melakukan beberapa pengobatan seperti tertera di atas ataupun juga telah mengkonsumsi obat obatan. Maka segeralah konsultasikan penyakit Anda tersebut ke dokter terdekat.

Sumber gambar: infosehatbugar,viva

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us