Beberapa Penyebab Anak Susah Makan


Perkembangan anak anak sangat ditentukan dari cukupa tau tidaknya asupan gizi yang mereka dapatkan. Sebenarnya asupan gizi merupakan sebagian kecil dari sekian banyak hal yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat bekerja secara optimal. Sayangnya tidak semua kalangan mengerti bahwa beberapa hal tersebut memang benar benar krusial terhadap kondisi tubuh, kalangan yang paling terlihat tidak mengerti terhadap hal tersebut adalah anak anak. Memang secara umur anak anak masih belum saatnya memikirkan hal hal seperti gizi apa yang harus mereka masukan ke dalam tubuh, padahal sebenarnya pengetahuan tentang hal tersebut harus ditanamkan sejak dini. Masalahnya di sini adalah peran orang tua bagaimana cara mereka membuat anak mau mengerti terhadaphal tersebut.

Beberapa Penyebab Anak Susah Makan

Salah satu masalah yang paling umum terjadi pada anak anak adalah kurangnya nafsu makan. Pada dasarnya ketika anak anak makan, apa yang mereka lihat bukanlah hal hal spesifik seperti yang telah kami ternagkan secara singkat di atas, pada anak anak hal yang paling penting bagi mereka adalah apakah mereka merasa nyaman mengonsumsi makanan tersebut atau tidak. Ketika anak kehilangan keinginan untuk makan, maka kadar gizi yang masuk ke dalam tubuh mereka juga tentu saja akan berkurang, dampak berkurangnya gizi tersebut dalam jangka dekat mungkin dapat dilihat dari perilaku anak anak tersebut yang terlihat semakin lebih lemas dan kurang bersemangat dalam menjalani kegiatasn sehari hari. 

Beberapa Penyebab Anak Susah Makan

Bagi anak, dampat kurangnya gizi ini tidak hanya berpengaruh pada konsdisi mereka saat itu, sebagai sebuah fase dimana asupan gizi memegang peranan penting, tentu saja hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kehidupan mereka ke depannya. Karena itulah banyak orang tua yang kesusahan membuat anaknya mau makan dan pada akhirnya memaska anak untuk memakan makanan tersebut sehingga bukannya membawa dampat positif, rasa benci anak anak terhadap makanan tertentu juga dapat meningkat sangat pesat. Maka dari itu kita perlu mengetahui penyebab anak anak susah makan seperti apa yang akan Anda perhatikan di bawah:

  • Pertumbuhan melambat
  • Terlalu banyak tekanan
  • Alergi makanan
  • Tidak nyaman dengan makanan tertentu
  • Penyakit

Beberapa Penyebab Anak Susah Makan

Seperti yang sudah Anda perhatikan di atas, kebanyakan dari faktor utama mengapa anak susah makan sebenarnya berasal dari lingkungan tempat ia hidup. Contohnya adalah ketika anak tidak menyukai makanan atau minuman tertentu Anda harus mengulang ulang hal tersebut di dalam hidupnya. Dan pada saat yang tepat juga mengajak anak tersebut untuk mengetahui betapa pentingnya gizi yang masuk ke dalam tubuh dengan harapan nantinya dia akan kembali menemukan nafsu makannya.

Demikianlah beberapa gambaran umum dan penyebab mengapa anak Anda tidak ingin makan. Yang paling penting dalam mengajar anak anak adalah dengan membuatnya terbiasa terhadap sesuatu, mungkin dapat Anda tepatpkan pada pengajaran anak Anda.

Sumber gambar: theasianparent, tipsperawatanwajah

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us