Beberapa Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Berenang


Berenang memang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Karena selain dapat membuat tubuh sehat, berenang juga merupakan suatu bentuk refreshing untuk menghilangkan penat akibat kegiatan sehari hari yang sedemikian padat. Apalagi di saat kondisi suhu udara sedang panas, maka dapat dipastikan bahwa tempat tempat berenang penuh sesak dengan pengunjung. Saat ini ada banyak fasilitas kolam renang yang tersebar di setiap kota, mulai dari yang memiliki harga cukup murah hingga yang lebih “premium”. Terlepas dari fasilitas yang ditawarkan oleh masing masing kolam renang, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai untuk bersenang senang di dalam kolam, antara lain:

Beberapa Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Berenang

Perhatikan Kebersihan Kolam Renang

Setiap kolam renang memiliki jadwal tersendiri untuk dibersihkan / dikuras. Tentu saja akan lebih baik jika Anda mengetahui kapankah waktu pengurasan kolam tersebut, sehingga Anda juga dapat menentukan kapan sebaiknya Anda datang untuk berenang. Dalam setiap kolam, ada zat pembunuh kuman bernama klorin, namun faktanya klorin tersebut tidak dapat membunuh semua jenis kuman. Ada beberapa senyawa yang masih tetap hidup walaupun sudah terkena zat pembersih tersebut, contohnya adalah cacing pinworm yang dapat menimbulkan masalah pada system pencernaan.

Beberapa Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Berenang

Hubungan antara klorin dengan waktu dibersihkannya kolam renang tadi sangat jelas. Akan lebih baik jika Anda mengunjungi kolam dekat dengan hari dimana kolam tersebut telah selesai dibersihkan, karena pada saat tersebut jumlah pengguna kolam juga masih belum berakumulasi sehingga resiko bakteri dan senyawa berbahaya yang terdapat di dalam kolam renang juga semakin berkurang.

Perhatikan Bau Yang Keluar Dari Air Kolam

Tahukah Anda, bahwa sebenarnya bau dari kolam renang yang selama ini kita kenal dengan “Bau Kaporit” sebenarnya merupakan campuran antara zat klorin dengan air seni ataupun keringat manusia? Memang terdengar aneh dan menjijikkan, tapi begitulah faktanya. Kembali lagi di sini kami tekankan pentingnya waktu yang tepat dalam mengunjungi kolam renang, kolam renang yang baru dikuras dan masih dalam kondisi bersih cenderung tidak berbau, sedangkan kolam renang yang kotor dan sudah terkontaminasi air seni ataupun keringat akan mengeluarkan bau, semakin menyengat baunya maka semakin kotor kolam tersebut.

Perhatikan Kedalaman Kolam Dan Kondisi Tubuh

Dalam berenang, sudah sewajarnya jika Anda memperhatikan kemampuan Anda sebelum memutuskan untuk mulai berkegiatan. Logika sederhananya adalah jika Anda masih belum mampu berenang, maka jangan coba coba untuk masuk ke kolam yang memiliki kedalaman yang cukup tinggi. Karena itulah setiap kolam renang pasti memiliki tingkat kedalaman yang berbeda beda, hal tersebut selain sebagai pemisah antara yang mahir dan belum mahir berenang, juga sebagai pengaman bagi para pengunjung yang ingin berenang.

Beberapa Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Berenang

Beberapa hal diatas adalah hal yang harus Anda perhatikan sebelum mulai berenang. Setelah mengetahui hal hal tersebut, bagaimana pendapat Anda dengan kolam renang umum yang biasa Anda kunjungi? 

Sumber gambar: bimaindonesia,detik.com 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us