Bahaya Merokok: Efek Rokok Terhadap Organ Tubuh Anda


Pada artikel sebelumnya Anda tentu sudah mengetahui betapa banyak zat zat berbahaya yang terdapat pada rokok. Tidak hanya zat yang memiliki sifat merusak, namun ada juga zat yang memiliki sifat adiktif seperti nikotin. Seperti namanya, zat tersebut dapat mengakibatkan kecanduan kepada siapa saja yang sudah terbiasa merokok, ketika mereka harus berhenti, umumnya aka nada gejala penolakan yang otomatis terjadi kepada tubuh sehingga pada umumnya orang yang berusaha berhenti merokok akan melewati fase fase menyakitkan yang mengharuskan mereka untuk menahannya. Kebanyakan orang walau sudah berhenti merokok dalam waktu yang lama masih memiliki kemungkinan untuk kembali merokok, hal disebut dikarenakan ada faktor psikologis yang tidak mereka sadari dan secara tidak langsung memberi sugesti untuk kembali merokok. Rokok memang mengandung banyak zat berbahaya, artikel ini akan membahas tentang bahaya rokok bagi organ organ utama di dalam tubuh Anda.

Bahaya Merokok: Efek Rokok Terhadap Organ Tubuh Anda

Paru Paru

Salah satu organ yang paling rawan terkenda dampak rokok ini adalah paru paru, tentu saja Anda mengetahui bahwa asap yang dihasilkan oleh orang yang merokok juga sama sama mengandung bahan berbahaya, karena itu rokok ini mampu merusak organ paru paru siapa saja, tidak peduli orang tersebut merokok atau tidak, selama masih terkena kontak dengan asap rokok tersebut. Beberapa penyakit yang mengancam paru paru tersebut adalah kanker, bronchitis, pneumonia, dan emfisema.

Otak

Percaya atau tidak, ternyata merokok dapat meningkatkan resiko terserang stroke hingga lebih dari 30%. Tentu saja tidak ada orang yang akan menikmati terserang penyakit stroke tersebut, selain itu secara tidak langsung meingkatnya resiko stroke juga mampu meningkatkan resiko rusaknya otak dan dalam waktu yang sama juga meningkatkan resiko kematian.

Bahaya Merokok: Efek Rokok Terhadap Organ Tubuh Anda

Mulut Dan Tenggorokan

Bagian tubuh ini tidak terlepas dari dampak merokok juga. Salah satu dampak yang paling terlihat adalah bau mulut dan gigi bernoda.  Bahkan dalam kasus yang sangat parah, seseorang dapat terserang kanker pada lidah, tenggorokan, bibir, bahkan pita suara. 

Organ Reproduksi

Ini adalah salah satu bagian yang layak menjadi perhatian bagi para perokok. Tentu Anda sudah sering melihat pemberitahuan bahwa merokok dapat mengakibatkan banyak penyakit bukan? Salah satunya adalah penyakit pada organ reproduksi. Pada pria, merokok dapat mengganggu kesuburan serta mengurangi produksi sperma, dalam kasus yang cukup parah juga dapat mengakibatkan impotensi. Pada wanita, merokok juga dapat mengurangi kesuburan, bahkan meningkatkan resiko kanker serviks.

Bahaya Merokok: Efek Rokok Terhadap Organ Tubuh Anda

Beberapa orang menganggap bahwa merokok dapat mengurangi rasa cemas dan membuat tubuh lebih rileks. Namun faktanya tidak, justru merokok dapat menginkatkan frekuensi kecemasan dalam diri Anda, khususnya ketika sedang tidak merokok maka efek dari kecanduan nikotin tersebut akan mulai mengganggu tubuh, dengan merokok maka kecanduan nikotin tersebut akan terpenuhi sehingga menghasilkan efek ilusi berupa rokok yang menurunkan stress. Anda sudah tahu bahaya dan kandungan zat yang terdapat dalam rokok, jadi masih ingin merokok dengan berbagai pembenaran?

Sumber gambar : seftcenter,sitkes

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us