4 Manfaat Tertawa Terhadap Kesehatan Tubuh Yang Banyak Tidak Diketahui Orang


Tertawa merupakan salah satu bentuk dari luapan emosi yang terjadi karena dipicu oleh hal hal tertentu. Setiap orang pasti pernah merasakan tertawa karena beberapa hal yang memang membuat tertawa, mulai dari kejadian lucu hingga perkataan yang mengocok perut. Sebenarnya tertawa bukan lagi hanya sekedar cara kita dalam mengekspresikan apa yang tengah kita rasakan, namun faktanya tertawa memang memiliki banyak manfaat positif terhadap tubuh. Maka tidak heran jika saat ini ada system pengobatan terapi yang menggunakan tawa atau memasukkan tertawa ke dalam bagian dari agenda prosedur terapi penyembuhannya, tentu saja dengan cara cara tersendiri. Banyak orang yang masih belum mengetahui sebenarnya manfaat apa yang dibawa oleh tertawa, karena itu kami akan menjelaskan tentang manfaat tertawa terhadap kesehatan tubuh.

4 Manfaat Tertawa Terhadap Kesehatan Tubuh Yang Banyak Tidak Diketahui Orang

Menjaga Kesehatan Jantung

Jika dilihat secara sekilas memang sepertinya tidak ada hubungan yang berarti antara tertawa dengan jantung. Namun sepertinya hal tersebut kurang tepat karena beberapa penelitian telah berhasil membuktikan bahwa mampu secara tidak langsung membantu menjaga kesehatan jantung. Ketika kita tertawa, maka aliran darah ke dalam seluruh tubuh akan semakin meningkat, hal tersebut terjadi karena ketika kita tertawa maka tubuh secara otomatis juga akan melakukan pelepasan endorphin. Nantinya jumlah endorphin yang meningkat ini mampu membantu menjaga kesehatan jantung.

Mengurangi Stres

Stres merupakan salah satu bentuk dari penyakit psikologi yang memiliki hubungan langsung dengan tertawa. Stres merupakan sebuah penyakit psikologi dimana seseorang merasa terbebani dengan apa yang harus dia lakukan baik itu mencakup hubungannya dengan orang lain ataupun tanggung jawabnya terhadap dirinya dan orang orang terdekatnya. Tidak perlu diragukan lagi, tertawa dapat membantu orang tersebut untuk menghilangkan rasa stress karena ketika kita tertawa, rasa kesepian akan sedikit berkurang, mengingat rasa kesepian adalah salah satu factor utama penyebab stress maka tentu saja dengan tertawa maka perasaan stress tersebut dapat berkurang.

4 Manfaat Tertawa Terhadap Kesehatan Tubuh Yang Banyak Tidak Diketahui Orang

Membakar Kalori

Kalori merupakan zat yang mampu membut tubuh menjadi lebih gemuk dan dalam waktu yang sama juga menjadi kurang sehat. Satu hal yang cukup mengejutkan dari tertawa adalah ternyata hal tersebut mampu membantu proses pembakaran kalori. Jumlah kalori yang dibakar juga cukup menjanjikan yaitu sekitar 10-40 kalori dalam 15 menit. Tentu saja itu bukan berarti bahwa Anda dapat melakukan diet dengan cara tertawa terus menerus.

Memberikan Pikiran Positif

Pada dasarnya factor tubuh yang paling terpengaruh ketika Anda tertawa adalah factor psikologis. Dengan tertawa, maka secara tidak sadar Anda tengah mengalirkan pikiran positif ke dalam mindset Anda, karena itulah tertawa merupakan hal magis yang selain dapat menghilangkan dan mengesampingkan rasa marah juga menghasilkan optimisme.

4 Manfaat Tertawa Terhadap Kesehatan Tubuh Yang Banyak Tidak Diketahui Orang

Beberapa contoh diatas adalah manfaat ketawa terhadap kesehatan yang masih belum banyak diketahui orang. Pada dasarnya tubuh kita adalah hasil dari apa yang kita lakukan sehari hari, jika kita melewati hari dengan cemberut dan rasa pesimis maka tentu tidak aneh jika tubuh kita terasa lebih berat dan dipenuhi dengan pikiran negative. Maka dari itu jangan lupa tertawa!

Sumber gambar: holisticmoving,media.mnn.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us