Ternyata Patah Hati Dapat Sebabkan Kematian


Setiap orang tentu saja pernah mengalami patah hati, entah itu karena kehilangan orang atau sesuatu yang disayang atau karena kecewa terhadap sesuatu. Pada dasarnya, patah hati adalah suatu kondisi dimana seseorang merasa sangat sedih atau depresi terhadap sesuatu, umumnya dikarenakan sesuatu tersebut adalah sebuah musibah yang cenderung terjadi secara tiba tiba. Anda juga pasti juga pernah merasakan hal tersebut. Baru baru ini aktris terkenal Carrie Fisher dikabarkan meninggal pada usia 60 tahun, tentu saja para penggemar dari salah satu pemeran utama film Star Wars ini merasa sangat kehilangan. Hanya berselang satu hari setelahnya, ibu dari Fisher, Debbie Reynolds juga meninggal dunia. Tentu saja kabar yang sangat mengejutkan tersebut memancing banyak pertanyaan, apakah perasaan patah hati karena kehilangan dapat mengakibatkan kematian?

Ternyata Patah Hati Dapat Sebabkan Kematian

Dr. Matthew Lorber, seorang psikiatri di rumah sakit Lenox Hill New York berkata “ Sindrom patah hati (Broken Heart  Syndrome) merupakah hal yang benar benar ada. Hal tersebut kterjadi ketika seseorang mendapati kabar yang sangat mengagetkan, umumnya kabar buruk. Kemudian hormone stress pun keluar secara massif dan masuk ke dalam aliran darah, kemudian jantung  harus berhadapan dengan banyaknya hormone stress tersebut”. Lebih lanjut lagi dia mengatakan bahwa semua orang memiliki kemungkinan untuk terkena sindrom ini, dia juga menambahkan bahwa tidak hanya berita buruk yang dapat menjadi pemicunya, namun berita baik yang mengejutkan juka dapat menjadi penyebab munculnya sindrom ini.

Sindrom ini umumnya dijumpai pada wanita, hampir 90% jumlah kematian karena sindrom unik ini adalah wanita, khususnya yang memiliki catatan masalah neurologi atau masalah mental. Teori Matthew mengenai sindrom hormone pada dasarnya memang tidak salah, namun hal tersebut hanya bertahan sebagai teori. Dr. Kevin . R. Campbell, seorang  asisten professor di bidang kardiologi di Universitas North Carolina berkata bahwa penyebab sindrom tersebut memang belum diketahui secara pasti, dan hal tersebut membuat banyaknya spekulasi penyebab yang menarik. 

Ternyata Patah Hati Dapat Sebabkan Kematian

Dalam istilah kedokteran, sindrom patah hati ini disebut dengan stress-induced cardiomyopathy, yaitu kondisi dimana otot jantung menjadi melemah.  Lorber mengatakan bahwa jantung dan kondisi mental memang pada faktanya, saling berhubungan. “Kami yakin bahwa stress adalah salah satu pemicu cardiac arhytmia, sebuah kondisi dimana detak jantung terjadi secara abnormal. Hal tersebut tidak baik karena dapat menimbulkan sumbatan dan dapat juga berakibat pada stroke”. Jadi tidak heran bahwa banyak penderita strok yang berawal dari kondisi mental yang menurun secara drastic.

Ternyata Patah Hati Dapat Sebabkan Kematian

“Secara Umum, memang ada hubungan antara kesehatan jantung, dan kesehatan mental” , Lorber kembali menjelaskan. Maka bukan sesuatu yang aneh jika patah hati dapat mengakibatkan kematian yang tiba tiba. Kasus yang terjadi pada Debbie pun kemungkinan besar disebabkan oleh rasa kehilangannya karena ditinggal terlebih dahulu oleh Fisher.

Sumber gambar: foxnews, setipe.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us