Segala Hal Tentang Air Putih : Manfaat Dan Takaran Yang Dianjurkan


Banyak orang menyepelekan minum air putih, bahkan beberapa dari mereka lebih memilih untuk meminum sirup, kopi, ataupun minuman bersoda dengan alasan lebih menyegarkan dan “memiliki rasa”. Memang tidak ada yang salah dengan preferensi mereka namun sebenarnya meminum air putih memiliki manfaat yang paling banyak untuk tubuh dibandingkan dengan minuman lain. Selain cara mendapatkannya yang cenderung mudah, air putih ini juga merupakan salah satu produk yang menjadi dasar dari minuman minuman lain, tanpa adanya air putih ini maka minuman lainpun juga tidak mungkin dapat disajikan. Artikel ini akan membahas manfaat air putih serta takaran yang dianjurkan untuk setiap harinya.

Segala Hal Tentang Air Putih : Manfaat Dan Takaran Yang Dianjurkan

Manfaat Meminum Air Putih Secara Teratur

Air putih murni yang bebas kalori dan gula merupakan minuman yang paling tepat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Selain mampu menghilangkan rasa haus dan menjaga cairan dalam tubuh, berikut adalah manfaat yang dapat Anda dapatkan dari mengkonsumsi air putih:

  • Menjaga tubuh dari gangguan pencernaan, ginjal, sirkulasi serta menjaga suhu tubuh agar tetap dalam kondisi normal. 
  • Menjaga kesegaran serta kelembaban kulit.
  • Membantu memperlancar proses pengeluaran racun dari tubuh, baik itu melalui keringat, urine, maupun tinja.
  • Mampu mencegah peningkatan berat badan karena air putih dapat mengendalikan asupan kalori dalam tubuh.
  • Membantu memberikan energy pada otot.

Segala Hal Tentang Air Putih : Manfaat Dan Takaran Yang Dianjurkan

Tentu saja manfaat yang tertulis diatas merupakan sebagian kecil dari banyaknya hal positif yang bisa didapat dari meminum air putih. Sekarang pertanyaanya adalah berapa gelaskah takaran air putih yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam satu hari agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal? Berikut penjelesannya.

Takaran Yang Dianjurkan

Pada dasarnya tidak ada batasan yang pasti dalam jumlah gelas yang sebaiknya dikonsumsi dalam sehari. Namun untuk menghindari kekurangan cairan maka ada jumlah tertentu yang dianjurkan. Pada wanita, paling tidak mereka harus minum kurang lebih 1,6 liter perhari atau sekitar 8 gelas dengan ukuran 200ml. Sedangkan untuk pria cenderung lebih banyak selain karena aktifitas sehari hari yang cukup berat, namun juga karena factor biologis dari pria itu sendiri, 2 liter perhari atau 10 gelas ukuran 2 liter merupakan jumlah yang disarankan.

Segala Hal Tentang Air Putih : Manfaat Dan Takaran Yang Dianjurkan

Perlu Anda ingat bahwa jumlah takaran tersebut tentu saja sangat bervariasi, banyak factor yang menjadi variable dalam menentukan jumlah air yang harus Anda konsumsi. Karena pada dasarnya tubuh tidak hanya kehilangan cairan saat Anda buang air saja, namun ketika bernapas dan berkeringat cairan tubuh juga akan berkurang. Karena itulah sangat disarankan untuk orang yang hobi berolahraga agar meminum air dengan jumlah yang lebih banyak karena cairan tubuh yang keluar juga diatas normal.

Dengan meminum air putih dengan takaran yang pas maka Anda dapat terhindar dari beberapa gejala kurang cairan tubuh yang tentu saja sangat mengganggu kegiatan sehari hari. Beberapa contohnya meliputi lemas, sakit kepala dan kurang bertenaga. 

Sumber gambar: hariansehat, vemale

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us