Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar


Anda atau orang terdekat Anda pasti pernah mengalami luka bakar. Luka bakar adalah luka pada kulit yang disebabkan oleh kontak Antara kulit dengan sesuatu yang memiliki suhu tinggi seperti api, bahan kimia atau listrik. Luka bakar ini harus segera diobati karena jika terlambat dapat mengakibatkan bagian yang terkena percikan panas menjadi melepuh atau dalam kasus yang parah dapat meninggalkan bekas luka permanen.  Luka bakar juga masih dapat diklasifikasikan lebih lanjut menjadi tiga jenis; pertama adalah luka bakar ringan atau tingkat 1, luka bakar sedang atau tingkat 2, serta luka bakar parah atau tingkat 3. Masing masing tingkat luka bakar memiliki cara penanganan masing masing dan tentu saja, semakin tinggi tingkat luka bakar tersebut semakin besar bahaya yang ditimbulkan. Berikut adalah cara untuk melakukan pertolongan pertama pada luka bakar.

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Luka Bakar Ringan / Luka Bakar Tingkat 1

Luka bakar ini disebut luka bakar ringan karena hanya mencapai lapisan epidermis kulit. Luka bakar ini umumnya menimbulkan rasa nyeri serta membuat perubahan warna kulit dan terkadang muncul lepuhan yang berisi cairan. Luka bakar ini merupakan luka bakar yang paling sering terjadi dalam kehidupan sehari hari, contohnya adalah luka bakar yang terjadi karena bersentuhan dengan knalpot ataupun terkena cipratan air panas.

Luka bakar karena knalpot umum terjadi khususnya pada kalangan remaja. Jika mengikuti kebiasaan Indonesia,  biasanya ketika seseorang terkena knalpot, maka mereka akan mencari pasta gigi, mentega, atau kecap untuk dioleskan pada bagian tubuh yang terkena knalpot. Hal tersebut merupakan hal yang salah besar, kecap akan menutup pori pori kulit sehingga bagian yang terkena knalpot tadi akan lebih sulit untuk dibersihkan, pasta gigi justru lebih parah lagi karena dapat memperparah tingkat luka bakar yang terjadi. Karena itu luka bakar knalpot perlu penanganan cepat dan tepat seperti berikut:

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

  • Basuh bagian yang terkena knalpot tersebut dengan air dingin yang mengalir / air keran selama kurang lebih 10 menit untuk meredakan nyeri
  • Jangan gunakan air es karena justru akan merusak jaringan kulit
  • Segera oleskan salep untuk mengobati luka bakar tersebut

Untuk luka bakar karena air sebenarnya masih menggunakan prinsip yang sama, yaitu segera bilas dengan  air yang mengalir dan segera oleskan salep untuk dapat segera mengobati luka bakar. Jika luka yang terjadi cukup parah maka segera periksakan ke dokter.

Luka Bakar Sedang / Luka Bakar Tingkat 2

Untuk luka bakar tingkat dua adalah versi lanjutan dari luka bakar yang biasa terjadi pada tingkat satu, misalnya tersiram air dengan luka bakar lebih dari 20%. Untuk luka bakar ini Anda dapat segera melakukan pertolongan pertama seperti berikut

  • Guyur bagian yang luka dengan air mengalir
  • Tutup menggunakan kasa steril
  • Segera bawa ke dokter
Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Luka Bakar Parah / Luka Bakar Tingkat 3


Pada luka bakar tingkat tiga, umumnya penderita sudah tidak lagi merasakan sakit seperti tingkat 1 dan 2 karena syaraf pada bagian tersebut sudah rusak walau pada prosesnya penderita tetap harus melalui kedua tahapan tersebut. Umumnya luka bakar ini disebabkan oleh api. Jika ada seseorang yang terkena luka bakar ini maka segera dan secepat mungkin bawa ke rumah sakit karena nyawa adalah taruhannya.

Itulah beberapa jenis luka bakar dan pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan, semoga dengan adanya artikel ini pengetahuan Anda dapat semakin bertambah dan membawa manfaat bagi Anda dan lingkungan sekitar. 

Sumber gambar:  waspada.co.id,  futuready.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us