Pertolongan Pertama Pada Gigitan Ular


Bagi Anda yang sering bepergian mendaki gunung atau menjelajah tempat tempat yang masih belum terlalu terjamah oleh pembangungan, tentu saja ular merupakan momok yang cukup berbahaya. Seperti yang kita ketahui, ular adalah salah satu hewan yang memiliki potensi tinggi untuk mengakibatkan kematian pada manusia, hal tersebut diakibatkan oleh bisa ular yang memiliki kemampuan untuk mematikan system syaraf jika tidak segera ditangani. Saat ini, ular tidak hanya ditemui di tempat tempat seperti hutan atau gunung, namun terkadang ular dapat masuk ke rumah rumah, lebih parahnya lagi ular yang masuk adalah ular yang berbisa. Tentu saja mengingat berbahayanya bisa ular terhadap tubuh manusia, dibutuhkan pengetahuan tentang bagaimana cara mengobati bisa tersebut. Sebagai orang biasa, tentu saja Anda tidak akan memiliki peralatan penetralisir bisa mutakhir seperti yang dimiliki rumah sakit, tetapi tidak perlu khawatir karena ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama untuk gigitan ular.

Pertolongan Pertama Pada Gigitan Ular

Kenali Jenis Ular

Sebelum melakukan pertolongan pertama sebaiknya Anda mengenali dahulu jenis ular yang menggigit korban. Perbedaan antara ular berbisa dan tidak berbisa terletak pada bekas gigitan serta warna kulit ular. Jika Anda tidak sempat melihat ular yang menggigit tersebut, maka Anda dapat perhatikan bekas gigitannya. Ular berbisa memiliki dua taring tajam yang digunakan untuk menyuntikkan bisanya, maka dari itu bekas gigitan ular berbisa pasti memiliki dua lubang sejajar. Posisi lubang sejajar tersebut tentu masih dapat dikategorikan lagi berdasar letak taring ular tersebut.

Posisikan Daerah Yang Tergigit Ular Dengan Baik


Pertolongan Pertama Pada Gigitan Ular

Hal kedua yang dapat Anda lakukan adalah memposisikan bagian yang tergigit tersebut sesuai dengan jenis bahaya yang mungkin terjadi. Bahaya yang mengancam pada bekas gigitan ular yang tidak berbisa adalah pendarahan, maka sebisa mungkin angkat lengan atau kaki yang tergigit agar tidak terjadi pendarahan yang parah. Sebaliknya, pada gigitan ular berbisa, sebisa mungkin bagian yang tergigit diposisikan ke bawah agar racun tidak cepat menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Buat Ikatan Diatas Daerah Yang Tergigit

Cara ini berlaku untuk ular berbisa, buat ikatan yang erat di atas bagian tubuh yang tergigit agar racun ular tidak menyebar dengan cepat. Semakin erat ikatan yang ada maka racun tersebut akan semakin lambat dalam menyebar, namun tentu saja ini bukanlah langkah untuk mengobati namun sekedar memperlambat laju racun ular tersebut, maka segera cari rumah sakit terdekat sebelum racun ular menyebar secara keseluruhan

Pertolongan Pertama Pada Gigitan Ular

Jika ular yang mengigit adalah ular berbisa, sebisa mungkin hindari minuman yang mampu mempercepat detak jantung seperti kafein atau alcohol. Perlu diingat bahwa langkah yang paling dasar dalam menangani bisa ular adalah jangan panic, tetap tenang dan lakukan beberapa pertolongan pertama tersebut. Jangan lupa segera hubungi rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, karena bertarung melawan bisa ular berarti bertarung melawan waktu dengan nyawa sebagai taruhannya.

Sumber gambar: kompasiana, fromdoctor.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us