Pengertian Kesetrum Listrik Dan Bahayanya Terhadap Tubuh


Dengan berkembangnya teknologi, berbagai peralatan elektronik dapat kita temukan di mana saja, mulai dari di dalam rumah, di jalan hingga di tempat yang kita datangi setiap hari pasti kita menemukan banyak jenis peralatan elektronik. Tentu saja peralatan tersebut membawa manfaat tersendiri terhadap kegiatan kita sehari hari, bahkan saat ini kehidupan sudah tidak dapat dipisahkan lagi dengan alat alat elektronik, mulai dari saat kita membuka mata hingga pergi tidurpun alat elektronik masih memegang peranan penting. Namun, dibalik manfaat alat elektronik tersebut tersimpan suatu resiko yang cukup membahayakan, yaitu tersengat aliran listrik. Tentu Anda sering mendengar atau mungkin pernah mengalami kejadian tersengat aliran listrik ini. 

Pengertian Kesetrum Listrik Dan Bahayanya Terhadap Tubuh

Sebelum memahami bagaimana dampak aliran listrik terhadap tubuh, maka sebaiknya Anda mengetahui bagaimana proses tersengat listrik ini dapat terjadi. Pada dasarnya, listrik mengalir karena ada beda potensial antara kedua titik, dimana arus listrk akan mengalir dari titik yang memiliki tegangan lebih tinggi ke yang bertegangan rendah. Dalam kasus kesetrum, tubuh kita merupakan penghantar arus listrik antara sumber daya dengan bumi, perlu Anda ketahui juga bahwa tubuh manusia merupakan konduktor yang baik, sehingga banyak sekali kasus sengatan listrik yang terjadi setiap harinya.

Efek sengatan listrik terhadap tubuh masih dapat dibedakan lagi menjadi beberapa factor tergantung besar tegangan yang mengalir pada tubuh, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan tabel di bawah ini:

Pengertian Kesetrum Listrik Dan Bahayanya Terhadap Tubuh

Pernahkah Anda melihat orang yang tersengat listrik PLN? Jika pernah, mungkin Anda akan berpikir mengapa mereka tidak melepaskan genggaman tangannya ke sumber listrik tersebut. Sebenarnya hal tersebut merupakan kondisi alami yang terjadi ketika seseorang kesetrum. Ada perbedaan antara kesetrum arus DC ( Aki, Baterai) dengan arus AC (PLN). Pada kasus arus DC / direct current tubuh mengalami kontraksi otot yang sangat kuat, hal tersebut memungkinkan tubuh seseorang yang tersetrum tadi untuk terpenta dari sumber listrik. Sedangkan untuk kasus arus AC / alternating current ini lebih berbahaya, karena tubuh akan kaku dan berdiam pada posisi tersebut dikarenakan syaraf tubuh yang rusak akibat sengatan listrik, karena itulah otot tubuh tidak dapat digerakkan dan korban sengatan listrik akan terus menggenggam sumber listrik tersebut yang berpotensi tinggi merenggut nyawanya.

Memang arus listrik ini merupakan sebuah kecelakaan yang berpotensi tinggi untuk merusak tubuh, beberapa jenis kerusakan yang mungkin terjadi adalah:

  • Jantung Berhenti (Cardiac Arrest)
  • Rusaknya otot atau syaraf
  • Luka Bakar Permanen

Pengertian Kesetrum Listrik Dan Bahayanya Terhadap Tubuh

Setelah mengetahui bahaya tersengat arus listrik ini tentu saja Anda harus lebih berhati hati dalam berkegiatan dengan menggunakan alat alat elektronik. Dalam artikel selanjutnya, kami akan memberitahu bagaimana cara untuk menghindari sengatan listrik serta pertolongan apa yang dapat Anda lakukan terhadap korban sengatan listrk, stay tuned!

Sumber gambar: vemale, teknik-ketenagalistrikan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us