Minuman Menyehatkan Bagi Ibu Hamil


Kehamilan merupakan saat saat paling penting dalam kehidupan seorang wanita. Pada saat hamil, kondisi tubuh seorang wanita memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap janin yang dikandungnya, lebih dari itu, kondisi mental orang tersebut juga memiliki peranan yang sama bagi kondisi janin. Salah satu factor yang paling berpengaruh terhadap kesehatan tubuh manusia adalah makanan dan minuman. Biasanya ibu hamil akan lebih hati hati dalam memilih makanan yang akan mereka konsumsi, namun kebanyakan dari mereka lupa bahwa minuman juga tidak kalah penting. Umumnya, setiap orang yang memiliki anggota keluarga yang sedang hamil akan menganjurkan untuk meminum susu khusus bagi ibu hamil, memang susu membawa banyak manfaat tidak hanya bagi ibu hamil saja namun bagi hampir segala kalangan. Namun, masih banyak minuman yang membawa manfaat bagi ibu hamil yang tidak diketahui sebagian besar orang, berikut adalah beberapa contohnya:

Minuman Menyehatkan Bagi Ibu Hamil

Air Kelapa

Air kelapa termasuk ke dalam daftar minuman teratas yang dianjurkan untuk ibu hamil. Pada dasarnya air kelapa merupakan salah satu produk isotonic alami yang bermanfaat dalam mencegah Anda dalam mengalami dehidrasi. Hal ini juga berlaku pada ibu hamil, khususnya bagi mereka yang sering merasa kehausan karena beberapa penyebab yang diakibatkan oleh kehamilannya. Tidak hanya itu, air kelapa murni ini juga mampu menyehatkan janin yang berada di dalam Rahim. Kondisi janin serta ibu yang sehat tentu saja nantinya akan bermanfaat dalam proses persalinan.

Teh Hijau

The hijau merupakan minuman yang sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya terhadap tubuh. Pada ibu hamil, konsumsi teh hijau telah menjadi perdebatan sejak lama. Beberapa orang menganjurkan untuk meminum the hijau ini dikarenakan manfaat yang dibawanya terhadap tubuh, tidak terkecuali untuk ibu yang tengah hamil, sementara di lain sisi beberapa orang menganggap mengkonsumsi  teh  hijau berbahaya dan tidak disarankan karena mengandung kafein.

Minuman Menyehatkan Bagi Ibu Hamil

Tidak ada yang salah dari kedua pendapat tersebut, karena pada faktanya memang teh hijau mampu mengurangi stress serta mengandung aktioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh ibu dan janin. Namun, teh hijau ini juga mengandung kafein, kafein merupakan salah satu zat yang tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dalam takaran tertentu. Takaran yang tidak dianjurkan adalah diatas 200 mg, atau sejumlah 2 gelas kopi. Teh hijau sendiri tidak memiliki kandungan kafein sebanyak itu, jadi pada dasarnya teh hijau ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil selama berada dalam moderasi yang tepat

Jus Buah Dan Sayuran

Jus buah dan sayuran merupakan minuman yang juga membawa banyak manfaat bagi ibu dan janin yang dikandungnya. Kedua jenis just tersebut memiliki banyak sekali vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, serta dalam waktu yang sama juga bagi janin yang berada di dalam kandungan. Buah buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti Jeruk dan alpukat sangat bagus bagi kondisi tubuh ibu, buah buahan lain seperti semangka, apel, atau ceri juga disarankan untuk dikonsumsi secara berkala.

Minuman Menyehatkan Bagi Ibu Hamil

Tidak hanya buah, sayuran juga memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, beberapa jenis sayuran yang biasa Anda temui sehari hari seperti bayam, wortel, atau tomat dapat Anda blender menjadi jus sayuran yang lezat dan bermanfaat.

3 hal diatas adalah beberapa contoh dari minuman yang bermanfaat bagi ibu hamil. Yang paling penting dari kehamilan adalah menjaga kondisi tubuh ibu, kondisi tubuh yang sehat akan berpengaruh terhadap kondisi janin dan juga proses persalinan. Semoga artikel ini memberi manfaat khususnya bagi Anda yang tengah hamil dan semoga sehat selalu. 

Sumbergambar:evoucher, kabaribu.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us