Mengenal Lebih Dekat : Proses Terjadinya Migrain


Pernahkah Anda mengalami gejala sakit kepala yang sangat menyiksa tetapi hanya di satu bagian kepala saja? Jika pernah mungkin Anda sedang mendapati penyakit Migrain. Tentu saja penyakit migrain ini bukanlah nama penyakit yang asing di telinga Anda, di iklan televise atau mungkin dalam kehidupan sehari hari Anda pasti sering mendengar istilah penyakit ini. Benar saja, migrain adalah penyakit nyeri di bagian kepala dengan intensitas sedang hingga parah, yang unik dari penyakit ini adalah rasa sakit yang terasa berdenyut dan hanya terjadi di sebelah sisi kepala. Banyak orang salah mengartikan penyakit migrain dengan sakit kepala biasa, padahal penyakit Migrain adalah penyakit yang cukup kompleks dan dapat juga merupakan pertanda akan adanya gangguan yang lebih parah, karena itu kali ini kami akan membahas proses terjadinya migrain pada kepala.



Penyakit Migrain bukanlah penyakit yang muncul secara tiba tiba dan langsung, ada beberapa proses yang umumnya menandakan munculnya penyakit ini, proses tersebut adalah:

Prodormal / Sebelum Sakit Kepala

Tahapan ini merupakan awal dari penyakit migrain, umumnya terjadi antara satu hingga dua hari sebelum migrain menyerang. Umumnya pada tahapan ini terjadi kondisi anomali pada tubuh entah itu pada kondisi perasaan ataupun kondisi fisik, anomali tersebut antara lain seperti perubahan suasana hati, kurangnya nafsu makan, selalu merasa haus, serta konstipasi.

Aura

Tahapan Aura adalah tahapan dimana penderita mengalami gangguan pada penglihatan, seperti melihat cahaya pada pandangan yang terasa kabur. Tidak semua orang mendapati tahap ini sebelum terkena migrain, namun jika Anda pernah mengalami hal ini maka sebaiknya Anda lebih berhati hati karena Aura adalah salah satu pertanda adanya gangguan pada sistem syaraf. Aura ini dapat terjadi saat dan ketika migraine


Sakit Kepala

Pada tahapan ini penyakit migrain mulai menyerang, sakit kepala hebat akan muncul di salah satu sisi dari kepala, pada kasus yang parah, penderita akan merasa mual dan dapat berlangsung paling lama hingga 72 jam.

Post-Drome / Resolusi

Pada tahapan ini semua gejala yang menyertai migrain menghilang secara bertahap. Biasanya penderita akan merasakan kelelahan yang cukup intens selama beberapa hari.



Perlu diketahui bahwa beberapa tahapan diatas adalah tahapan terjadinya penyakit migrain dan tidak semua penderita akan mengalami hal tersebut, tetap ada kemungkinan seseorang atau bahkan Anda menderita migrain tanpa harus melewati tahapan aura atau hilangnya nafsu makan. Karena itulah dibutuhkan pemahaman lebih lanjut terhadap gejala migrain dan apakah penyebabnya. Hal tersebut akan kami bahas pada bahasan kami selanjutnya, yaitu Mengenal lebih dekat  gejala dan penyebab penyakit migrain.

Sumber gambar: curejoy, migrainetreatmentgroup

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us