Mengenal Gejala Dan Penyebab Sembelit


Penyakit Sembelit atau konstipasi adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk melakukan buang air besar secara teratur, kalaupun bisa kadang tidak tuntas atau masih terasa ada sesuatu yang mengganjal namun tidak dapat dikeluarkan, bahkan dalam kasus yang lebih para lagi seseorang akan tidak dapat buang air besar sama sekali. Anda pasti pernah mengalami kondisi seperti ini yang tentu saja sangat mengganggu kegiatan sehari hari. Buang air besar adalah salah satu panggilan normal dari tubuh dimana tubuh harus membuang sisa sisa dari proses penceranaan dalam bentuk feses. Kebanyakan orang tidak menganggap serius penyakit konstipasi ini, padahal jika tidak segera ditangani, anomaly pencernaan ini dapat mengarah kepada sesuatu yang lebih serius lagi.


Jika frekuens buang air besar Anda kurang dari 3 kali dalam seminggu, besar kemungkinan Anda sedang mengidap penyakit konstipasi. Sebenarnya penyakit ini memiliki beberapa tingkat; konstipasi ringan biasanya hanya terjadi selama beberapa hari dan rasa sakit atau tidak nyaman yang ditimbulkan tidak terlalu mengganggu kegiatan sehari hari. Di lain sisi, konstipasi kronis adalah jenis konstipasi yang terjadi dalam jangka panjang, karenanya rasa tidak nyaman yang dirasakan dapat membawa pengaruh kepada kehidupan sehari hari. 

Walaupun gejala utama konstipasi adalah kelainan dalam frekuensi buang air besar, namun tetap ada beberapa gejala lain yang dapat mengiringi ataupun menandakan hal tersebut, berikut adalah beberapa gejala gejala tersebut: 

  • Sulit buang air besar
  • Feses sulit keluar, harus mengejan
  • Setelah buang air besar masih terasa tidak tuntas walau sudah tidak ada yang keluar
  • Ukuran tinja yang besar atau terlalu kecil
  • Perut kembung
  • Mual


Gejala di atas adalah gejala yang biasanya muncul pada penderita konstipasi. Ketika Anda merasakan satu atau beberapa gejala di atas yang disertai dengan perasaan lelah yang berlebih, maka Anda harus segera periksakan diri Anda ke dokter terdekat karena bisa saja hal tersebut merupakan indikasi akan adanya sesuatu yang lebih parah. Konstipasi memang bukan hal baru di kalangan masyarakat, hampir dapat dipastikan bahwa kita pernah mengalaminya minimal beberapa kali dalam satu tahun. 

Pada dasarnya konstipasi terjadi ketika tinja bergerak dengan lebih lamban dari kecepatan normal di dalam sistem pencernaan, akibatnya air yang diserap usus semakin banyak, maka dari itulah penderita konstipasi umumnya memiliki tinja yang keras dan kering. Maka dari itu, perlu adanya pengetahuan tentang penyebab konstipasi, berikut adalah beberapa penyebab utamanya:

  • Pola makan yang kurang baik
  • Jarang berolahraga
  • Sering mengabaikan panggilan buang air besar
  • Tidak tuntas saat buang air besar
  • Indikasi dari penyakit lain


Konstipasi adalah penyakit umum yang terkadang tidak memerlukan penanganan khusus, dengan memperbaiki pola hidup maka penyakit ini akan semakin jarang mengenal Anda. Namun tentu saja tetap ada kemungkinan Anda terserang penyakit ini, karena itulah Anda harus tahu cara mencegah dan mengobati konstipasi yang pastinya akan kami bahas pada artikel selanjutnya

Sumber gambar: alodokter, infonitas

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us