Mengenal Alasan Mengapa Kita Harus Mendonor Darah


Anda tentu sering membaca pesan bahwa ada seseorang yang sedang membutuhkan bantuan darah secepatnya dikarenakan kecelakaan atau alasan lain. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang aneh atau mengagetkan karena pada faktanya memang hampir setiap hari banyak kejadian yang membutuhkan penanganan dari bank darah. Sebenarnya, stok darah tersebut berasal dari hasil sumbangan orang lain juga, biasa disebut dengan donor darah. Bagi beberapa orang awam, donor darah merupakan proses yang menyeramkan karena mereka beranggapan setelah donor darah orang tersebut akan menjadi sempoyongan atau bahkan pingsan. Anggapan tersebut merupakan suatu yang benar, jika pendonor sedang tidak dalam kondisi prima, maka besar kemungkinan mereka akan merasakan efek samping setelah proses pengambilan darah berlangsung. 

Mengenal Alasan Mengapa Kita Harus Mendonor Darah

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena sebelum proses donor darah dapat dilakukan, ada beberapa protocol yang harus diselesaikan, petugas akan mengecek beberapa hal untuk melihat apakah kondisi Anda layak untuk melakukan donor darah, hal tersebut antara lain:

  • Golongan darah (untuk pendonor pemula)
  • Riwayat obat selama 3 minggu terakhir
  • Apakah pernah / sedang mengidap penyakit tertentu
  • Kadar hemoglobin dalam darah
  • Tensi tubuh
  • Kondisi fisik

Mengenal Alasan Mengapa Kita Harus Mendonor Darah

Jika satu atau beberapa hail lain tidak memenuhi kriteria, maka Anda tidak akan diperbolehkan untuk melakukan proses donor darah. Donor darah merupakan cara kita untuk membantu sesama dengan menggunakan darah kita, tentu saja ada beberapa hal yang terkait dengan kesehatan yang dapat terjadi ketika kita mendonor darah, seperti:

  • Lahirnya darah baru yang lebih sehat. Kualitas sel darah merah akan meningkat dikarenakan proses regenerasi darah yang meningkat.
  • Mengurangi resiko stroke. Donor darah dapat mengurangi kadar besi yang teroksidasi dalam darah yang merupakan alasan utama terjadinya stroke pembuluh darah.
  • Karena proses donor darah mampu membakar kurang lebih 500 kalori, maka secara langsung donor darah dapat membantu untuk meringankan berat badan
  • Pemeriksaan kesehatan secara berkala, karena sebelum proses donor tersebut kita harus melalui beberapa protocol untuk melihat kondisi tubuh.

Mengenal Alasan Mengapa Kita Harus Mendonor Darah

Proses donor darah sendiri bukanlah proses yang membutuhkan banyak waktu, tentu jika tidak menghitung lama antriannya. Darah yang diambil hanya sebesar 350 ml, atau kurang lebih hanya sebesar 10% dari total darah yang ada dalam tubuh kita. Proses pengambilan darahnya juga bukan proses yang menyakitkan seperti kata orang orang, Anda hanya perlu berbaring selama beberapa menit dan menunggu proses pengambilan darah dengan alat yang telah modern, rasa sakit yang dihasilkan juga sangat minim bahkan tidak terasa sama sekali. Sekali donor darah, Anda dapat menyelamatkan nyawa hingga 3 orang diluar sana, siapa tahu suatu hari Anda atau orang terdekat Anda berada pada posisi pasien yang membutuhkan darah, Anda pasti akan mengerti betapa berartinya waktu 15 menit yang Anda habiskan untuk mendonor darah bagi keselamatan nyawa mereka. Karena itu segera tampik kabar negative mengenai momok donor darah, pergi ke palang merah terdekat dan mulailah berkontribusi bagi sesama.

Sumber gambar: obatjantungalami, santoyakubus.org

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us