Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan


Beberapa dari Anda mungkin beranggapan bahwa sinar matahari memiliki efek buruk bagi kulit, karena itulah bisa jadi Anda cenderung menghindari kegiatan outdoor. Memang sinar matahari memiliki beberapa pengaruh terhadap kulit, namun tentu saja itu tidak berarti bahwa kita harus menghindari terkena sinar matahari secara keseluruhan. Sunburn atau yang biasa Anda kenal sebagai kulit yang “matang” karena sinar matahari pada dasarnya adalah suatu fenomena perubahan warna kulit yang disebabkan oleh radiasi UVB, lebih lanjut lagi radiasi UVB tersebut juga dapat merusak DNA dalam tubuh. Maka tidak heran jika beberapa orang atau Anda sendiri cenderung menghindari terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu lama. Namun sebenarnya sinar matahari juga memiliki banyak efek positif terhadap tubuh, beberapa diantaranya akan kami ulas melalui tulisan sederhana di bawah. 

Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan

Sumber Vitamin D

Pernahkan Anda mendengar orang tua atau kakek nenek Anda menyarankan untuk berlari pagi agar mendapat vitamin D dari sinar matahari? Mungkin dahulu Anda berpikir bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang aneh, namun sebenarnya tidak. Memang sinar matahari tidak secara langsung menghasilkan vitamin yang diserap oleh tubuh, namun paparan sinar matahari memiliki kemampuan untuk merangsang tubuh untuk memproduksi vitamin D. Hanya dalam waktu 10 hingga 15 menit, pancaran sinar matahari pada anggota tubuh dapat menghasilkan 1,000-3,000 Unit, tergantung oleh tubuh seseorang itu sendiri.

Vitamin D memiliki fungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan secara tidak langsung dapat membantu menguatkan tulang. Vitamin D juga dikenal sebagai vitamin yang dapat memberi perlindungan tubuh dari penyakit penyakit mematikan seperti diabetes dan kanker, juga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan

Memicu Hormon Serotonin

Beberapa orang yakin bahwa lari pagi dibawah sinar matahari dapat membuat perasaan menjadi lebih ceria dan bersemangat, lagi lagi terdengar aneh bukan? Namun sebenarnya hal tersebut memiliki latar belakang ilmiah juga. Selain merangsang produksi vitamin D pada tubuh, sinar matahari juga mampu merangsang dihasilkannya hormone serotonin. Hormon ini adalah neurotransmitter yang bertugas untuk mengatur suasana hati, kadar serotonin yang cukup akan membuat suasana hati yang dipenuhi semangat dan optimisme.

Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Kesehatan

Memperbaiki Kulit

Sinar matahari juga dikenal sebagai salah satu pengobatan sederhana untuk penyakit kulit seperti eksim, jerawat, bahkan psoriasis. Sinar matahari ini juga dipercaya mampu mengurangi tanda bekas peregangan atau luka pada tubuh.

Sebenarnya masih banyak manfaat sinar matahari yang mungkin belum Anda ketahui. Banyaknya manfaat tersebut bukan berarti Anda harus berjemur dalam waktu yang lama di bawah sinar matahari, karena fakta bahwa sinar matahari dapat merusak kulit memang benar adanya. Karena itu ada yang disebut dengan jam efektif sinar matahari. Jam efektif sinar matahari adalah jam dimana manfaat yang dapat kita dapatkan dari sinar matahari dapat diambil secara penuh. Jam tersebut adalah dibawah pukul 10.00, dengan kata lain jika Anda ingin berjemur sinar matahari maka usahakan tidak lebih dari pukul 10.00 pagi karena diatas itu sinar matahari dapat merusak tubuh Anda.

Sumber gambar: fewhealth, markconner.typepad.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us