Manfaat Daun Kemangi Terhadap Kesehatan


Jika Anda sering membeli makanan lalapan sambal pasti mengenal sayuran yang bernama kemangi. Tumbuhan yang memiliki nama latin Omicum basilicum ini merupakan menu tetap dalam daftar sayuran lalapan pendamping sambal. Sayangnya kebanyakan orang memilih untuk tidak memakan tumbuhan ini karena rasanya yang kurang enak dan ada aroma khas yang cukup menyengat sehingga mereka memilihnya untuk dijadikan alat cuci tangan sehabis makan. Padahal sebenarnya manfaat daun kemangi terhadap kesehatan tersebut cukup banyak dikarenakan kandungan senyawa di dalamnya, karena itulah beberapa makanan khas Indonesia memasukkan kemangi sebagai bahan utamanya, contohnya adalah pepes. Berikut adalah contoh manfaat kemangi terhadap kesehatan.

Manfaat Daun Kemangi Terhadap Kesehatan

Meredakan Demam dan Masuk Angin Pada Balita

Kemangi merupakan salah satu obat natural yang terbukti ampuh untuk meredakan penyakit demam dan masuk angin, khususnya pada wanita. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan daun kemangi ini dengan bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan  pada bagian dada, perut, dan punggung balita yang sedang menderita demam ataupun masuk angin. Didukung dengan cukup tidur niscaya penyakit yang diderita balita tersebut akan sembuh dengan lebih cepat.

Mencegah Bau Mulut

Salah satu alasan mengapa banyak orang menjadikan daun kemangi sebagai pengganti sabun saat cuci tangan adalah karena daun kemangi memiliki aroma tersendiri yang mampu menghilangkan bau, khususnya bau sambal yang melekat di tangan setelah Anda makan. Hal ini tentu saja juka berlaku ketika Anda mengkonsumsi daun kemangi ini secara langsung. Daun kemangi memiliki kemampuan untuk menyegarkan bau mulut ketika Anda konsumsi, tentunya efek dari daun kemangi ini akan lebih terlihat jika Anda mengkonsumsinya secara langsung tanpa didampingi makanan apapun. Caranya cukup sederhana, yaitu kuncah beberapa helai daun kemangi seperti saat Anda tengah makan dan telan, maka Anda akan merasakan mulut Anda menjadi lebih segar. Kandungan vitamin A dalam daun kemangi ini juga bermanfaat bagi kesehatan mata.

Manfaat Daun Kemangi Terhadap Kesehatan

Mengobati Penyakit Kulit

Cukup jarang orang yang tahu bahwa sebenarnya daun kemangi juga memiliki khasiat mengobati penyakit kulit khususnya jerawat. Pada dasarnya daun kemangi tersebut memiliki zat yang mampu membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh yang secara tidak langsung juga bermanfaat terhadap pencegahan timbulnya jerawat. Daun Kemangi ini juga terbukti untuk meredakan peradangan pada kulit bahkan penyakit kurap, caranya adalah dengan mengoleskan campuran daun pelangi dan jus melon pada bagian yang terkena infeksi jamur tersebut.

Manfaat Daun Kemangi Terhadap Kesehatan

Beberapa contoh diatas adalah manafaat daun kemangi terhadap kesehatan tubuh, sebenarnya masih banyak manfaat tersembunyi dari daun kemangi ini. Karena itulah setelah menyadari bahwa daun kemangi ini sedemikian bermanfaat bagi tubuh, apakah Anda yakin bahwa Anda masih ingin menjadikan tumbuhan ini sekedar alat cuci tangan pendamping sabun setelah makan?

Sumber gambar : manfaat.me, manfaatbagus.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us