Makanan Terbaik Untuk Berbagai Masalah Kulit


Anda pasti sudah tahu bahwa setiap hal yang Anda lakukan pasti memiliki konsekuensinya tersendiri, begitu juga dengan makanan. Mungkin selama ini Anda hanya memahami bahwa makanan hanya berhubungan dengan pencernaan, bahwa makanan yang baik akan membuat sistem pencernaan di dalam tubuh menjadi lancar sedangkan makanan yang kurang terjaga akan membawa dampak buruk terhadap sistem pencernaan. Anggapan tersebut pada dasarnya bukanlah anggapan yang salah, namun sebenarnya pengaruh makanan terhadap tubuh lebih dari itu. Jolene Heart, penulis buku berjudul “Eat Pretty: Nutrition For Beauty Inside and Out” mengungkapkan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam makanan menentukan seberapa baik tubuh Anda melakukan perbaikan terhadap sel kulit, serta menjaganya agar tetap dalam kondisi yang baik. Memang faktanya setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh kita juga memiliki pengaruh terhadap kulit, karena itu artikel ini akan membahas beberapa makanan terbaik untuk masalah yang umum pada kulit.

Jerawat

Jika masalah kulit yang sedang Anda alami adalah jerawat, maka makanan terbaik untuk Anda adalah makanan yang mengandung zinc, seperti biji labu, buncis, tiram. Makanan tersebut memiliki kemampuan untuk mencegah inflamasi bakteri penyebab jerawat.


Sebaiknya Anda menghindari minuman seperti kopi susu, atau segala makanan yang mengandung penyebab utama jerawat : susu dan gula halus. Susu dikenal sebagai salah satu penyebab jerawat karena susu sapi mengandung hormone yang dapat meningkatkan insulin, yang dalam waktu bersamaan juga dapat meningkatkan kadar Androgen yang merupakan penyebab utama jerawat.

Kulit Kering

Kulit kering adalah masalah umum yang biasa dialami khususnya bagi Anda yang banyak melakukan aktifitas. Kulit kering ini dapat dikurangi dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung zat omega 3, zat yang bermanfaat untuk memperkuat membrane kulit. Jika membrane kulit kuat maka kemampuan untuk menjaga kelembaban kulit juga akan meningkat. Salah satu contoh makanan tersebut adalah buah alpukat.

Keriput

Masalah keriput biasanya dialami oleh Anda yang mulai berada pada usia yang cukup tinggi. Sebenarnya masalah keriput merupakan hal alami walau salah satu faktornya adalah kegiatan yang kita lakukan sehari hari. Namun tetap saja keriput ini dapat dikurangi dengan banyak mengkonsumsi rempah rempah karena rempah rempah mengandung senyawa fitokimia anti-penuaan yang berguna untuk mengatasi keriput pada kulit

Jika Anda mengalami masalah keriput pada kulit, sebaiknya hindari makanan yang dimasak dengan cara dibakar, apalagi yang dibakar dengan terlalu matang. Karena makanan tersebut dapat memicu tumbuhnya zat AGE (Advanced Glycation End) yang dapat merusak kolagen dan elastin, dua protein yang menjaga kulit tetap kencang.

Beberapa contoh diatas adalah beberapa jenis masalah pada kulit serta makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menanggulanginya. Perlu diingat bahwa masalah pada kulit dapat bersumber dari berbagai macam hal, makanan juga salah satunya. Karena itu bijaklah dalam memilih makanan karena setiap produk yang Anda konsumsi akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh Anda sendiri.

Sumber gambar: shape.com


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us