Kupas Tuntas Penyakit Diabetes : Gejala Umum Diabetes


Pada artikel sebelumnya Anda telah mengetahui apa saja jenis dari penyakit diabetes. Pada dasarnya semua jenis diabetes mengarah kepada satu hal, yaitu kurangnya insulin dalam tubuh sehingga kadar glukosa menjadi tidak terkontrol. Orang yang menderita penyakit diabetes biasanya memiliki pantangan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis, serta dalam beberapa kasus khususnya penderita diabetes tipe 1, penderita menggantungkan hidupnya kepada suntikan insulin dan kesalahan dalam mengatur kadar gula dalam tubuh dapat berakibat fatal. Artikel kali ini akan membahas macam macam gejala diabetes yang umum terlihat pada penderita penyakit ini.

Kupas Tuntas Penyakit Diabetes : Gejala Umum Diabetes

Penglihatan Menjadi Buram

Salah satu gejala umum yang paling sering dialami penderita diabetes adalah buramnya penglihatan. Tentu saja sudah bukan merupakan rahasia lagi bahwa penyakit mata dapat diderita siapapun, tidak terbatas pada penyakit gula saja. Namun, secara umum penyakit diabetes ini adalah penyakit yang cenderung menyerang bagian bagian tubuh, mata merupakan salah satu target utamanya. Komplikasi penyakit gula yang menyerang mata dapat diawali dengan penglihatan yang buram, kurang lebih hampir sama dengan penderita miopi maupun presbiopi. Bedanya adalah lambat laun kerusakan pada mata yang diakibatkan oleh penyakit ini akan menjadi lebih parah bahkan dapat menyebabkan kebutaan permanen.

Kupas Tuntas Penyakit Diabetes : Gejala Umum Diabetes

Sering Buang Air Kecil Dan Merasa Haus

Salah satu gejala fisik yang terlihat pada penderita penyakit diabetes adalah sering merasa haus. Rasa haus ini juga dapat dikaitkan dengan frekuensi buang air kecil yang cukup tinggi pada penderita diabetes. Menurut Pakar diabetes Prof. Dr Sri Hartini KS Kariadi, SpPD, KEMD jika kadar gula darah pada tubuh tinggi, maka glukosa yang tidak terkena proses metabolism akan ikut keluar melalui urine, hal tersebut mengakibatkan urine menjadi kental dan tubuh membutuhkan air untuk dapat mengencerkannya, air yang digunakan untuk mengencerkan urine tersebut tentu saja diambil dari dalam tubuh. Maka tidak heran jika penderita diabetes akan sering buang air kecil dan dalam waktu yang sama juga sering merasa haus.

Kupas Tuntas Penyakit Diabetes : Gejala Umum Diabetes

Lapar, Kurus, Dan Sering Merasa Lemas

Ketiga hal tersebut saling berkaitan satu sama lain. Pada penderita diabetes, insulin yang ada di dalam tubuh tidak bekerja dengan baik pada reseptor. Sederhananya, sel tubuh akan menjadi lapar, dan sinyal lapar tersebut ditangkap oleh otak untuk kemudian membuat sugesti akan adanya rasa lapar itu. Masalahnya glukosa yang didapat dari makanan tidak dapat diproses menjadi energy karena factor insulin tersebut, akibatnya penderita akan merasa lelah. Kekurangan energy tersebut mengakibatkan tubuh mengambil cadangan energy dari otot dan lemak, maka dari itulah penderita diabetes cenderung menjadi lebih kurus seiring dengan berjalannya waktu.

Kupas Tuntas Penyakit Diabetes : Gejala Umum Diabetes

Beberapa gejala utama diatas adalah gejala diabetes yang umum terlihat pada penderita. Tentu saja masih ada gejala gejala lain yang akan timbul dan Anda dapat menanyakan gejala lain yang harus diwaspadai tersebut kepada dokter terdekat. Namun secara umum penderita diabetes pasti akan memiliki gejala seperti tertulis diatas. Masih banyak ulasan tentang diabetes yang akan kami kupas, namun hal hal tersebut akan kami ulas di artikel selanjutnya dari edisi kupas tuntas penyakit diabetes mendatang. 

Sumber gambar: diabetes24h, qsota.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us