Kupas Tuntas Penyakit Diabetes : Berbagai Jenis Diabetes


Anda pasti sudah mengenal penyakit diabetes atau biasa disebut dengan penyakit gula. Penyakit ini adalah salah satu jenis penyakit kronis yang memiliki tanda berupa kadar gula darah dalam tubuh (glukosa) yang jauh di atas ambang normal. Kadar glukosa merupakan salah satu sumber energi bagi otak serta setiap sel yang membentuk jaringan tubuh. Di Indonesia sendiri, penyakit diabetes ini merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi, tercatat pada tahun 2013 lebih dari 8,5 juta orang dari berbagai usia mengidap penyakit ini. Diabetes juga dikenal sebagai pembunuh berdarah dingin karena penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara sepenuhnya, namun hanya dapat dikendalikan saja, akan ada saat dimana penderita penyakit ini harus melakukan pengobatan secara serius. Penyakit diabetes ini secara umum dapat dibagi menjadi dua, yaitu diabetes tipe satu dan tipe dua, namun ada juga diabetes kehamilan.

Kupas Tuntas Penyakit Diabetes : Berbagai Jenis Diabetes

Diabetes Tipe 1

Tipe diabetes ini biasanya terjadi pada anak anak maupun remaja, tipe diabetes ini sangat jarang terjadi, hanya sekitar 5-10% dari penderita diabetes secara keseluruhan. Pada diabetes tipe 1, penderita akan kehilangan kemampuan untuk memproduksi insulin karena system kekebalan tubuh menyerang pancreas yang berfungsi untuk menghasilkan insulin. Tanpa adanya insulin maka sel tubuh tidak akan mampu mengubah glukosa menjadi energi, akibatknya kadar glukosa dalam tubuh meningkat.

Masih tidak diketahui apakah penyebab dari diabetes tipe 1 ini, yang jelas penderita penyakit ini harus menggantungkan hidupnya pada suntikan insulin. Tidak hanya itu, penderita juga harus menjaga makanan yang dikonsumsinya agar kadar gula darahnya tetap terkontrol.

Kupas Tuntas Penyakit Diabetes : Berbagai Jenis Diabetes

Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe ini adalah jenis diabetes yang paling umum terjadi, hampir 95% dari seluruh penderita diabetes termasuk dalam diabetes jenis ini. Pada awalnya diabetes jenis ini hanya ditemukan pada orang dewasa, namun decade terakhir ini penyakit ini juga ditemukan pada anak anak, tidak heran bahwa penyakit ini termasuk dalam salah satu jenis epidemic.

Berbeda dengan diabetes tipe 1, beberapa  penderita diabetes tipe 2  masih memiliki kemampuan untuk memproduksi insulin walaupun jumlah yang dihasilkan masih jauh di bawah batasan normal. Masih tidak ada penyebab pasti dari penyakit ini namun diyakini bahwa gaya hidup yang tidak sehat adalah salah satu factor yang memperbesar resikonya. Penderita diabetes tipe dua yang masih memiliki kemampuan untuk memproduksi insulin tidak terlalu bergantung pada suntikan insulin, namun selayaknyapenderita penyakit diabetes lainnya, mereka harus tetap menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Kupas Tuntas Penyakit Diabetes : Berbagai Jenis Diabetes

Diabetes Kehamilan

Seperti namanya, diabetes ini terjadi pada wanita yang sedang hamil, hal tersebut dikarenakan insulin yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Diabetes kehamilan ini merupakan diabetes yang cukup berbahaya karena selain mempengaruhi penderita, penyakit ini juga mampu membawa pengaruh buruk bagi bayi setelah proses melahirkan. Kebanyakan wanita yang mengidap diabetes kehamilan akan terjangkit dengan diabetes tipe 2 ketika proses melahikran telah usai, dan tetap tidak menutup kemungkinan bahwa mereka juga akan menderita diabetes kehamilan ini lagi jika mereka kembali mengandung.

Artikel di atas adalah ulasan singkat tentang jenis jenis diabetes yang dapat terjadi. Penjelasan selanjutnya tentang diabetes, yaitu gejala dan penyebab diabetes akan kami ulas pada artikel kupas tuntas diabetes selanjutnya.

Sumber gambar: eatchewlive, diabetesandendocrinology.jacobspublishers.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us