Kenali Penyebab Dan Gejala Demam Berdarah Sebelum Terlambat


Di tengah musim penghujan, nyamuk berkembang biak dengan sangat cepat. Tentu saja jika berbicara tentang nyamuk maka tidak bisa lepas dari penyakit demam berdarah yang diakibatkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Pada dasarnya demam dengue adalah penyakit yang mengakibatkan tingginya suhu tubuh, sakit kepala yang amat sangat serta nyeri di bagian tubuh tertentu.

Kenali Penyebab Dan Gejala Demam Berdarah Sebelum Terlambat

Perlu diketahui bahwa ada perbedaan antara demam dengue (Dengue Fever) dengan demam berdarah (Dengue Hemorrhagic Fever), sayangnya kebanyakan masyarakat Indonesia terlanjut menganggap keduanya adalah hal yang sama. 

Kenali Penyebab Dan Gejala Demam Berdarah Sebelum Terlambat

Demam dengue atau dengue fever adalah fase pertama dari penyakit demam berdarah dimana penderitanya akan mulai merasakan pusing yang hebat serta panas yang tinggi, kadang juga dapat disertai dengan rasa nyeri pada persendian atau bagian belakang dari mata. Ketika demam dengue ini mengalami komplikasi dan masuk ke tahap yang lebih parah, maka akan menjadi penyakit yang biasa Anda sebut dengan demam berdarah (DBD). Pada tahap demam berdarah inilah ada kemungkinan bahwa akan terjadi kematian pada penderita. Kematian dapat terjadi karena kondisi tubuh penderita yang sudah cukup parah, beberapa gejalanya adalah kerusakan pembuluh darah dan kelenjar getah bening, penderita akan muntah darah serta keluar darah dari gusi dan hidung, dalam kasus tertentu penderita juga akan mengalami pembengkakan hati yang membuat sulit untuk bernapas.

Karena demam berdarah adalah bentuk komplikasi dari demam dengue, maka lebih baik jika Anda mengetahui bagaimana penyakit demam dengue ini dapat masuk ke dalam tubuh.  Pada dasarnya penyakit demam dengue ini disebabkan oleh sejenis virus yang menyebar melalui perantara nyamuk. Nyamuk tersebut adalah nyamuk berjenis Aedes aegypti dan  Aedes albopictus walaupun yang lebih terkenal adalah tipe nyamuk yang pertama. Kedua nyamuk ini memiliki karakteristik unik yang tidak dimiliki oleh nyamuk lainnya yaitu mereka berkeliaran pada siang hari.

Jentik nyamuk ini banyak terdapat pada genangan air dan wilayah yang memiliki tingkat sanitasi buruk, jadi Anda juga harus berhati hati jika Anda berada di lingkungan dengan penduduk padat. Orang yang terkena demam dengue ini biasanya akan menunjukkan beberapa gejala, antara lain:

  • Suhu badan tinggi, dapat mencapai 41 derajat celcius
  • Pusing yang amat sangat
  • Nyeri sendi, otot, dan daerah di belakang mata
  • Mual dan muntah
  • Munculnya bintik merah, lebih terlihat pada penderita yang masih anak anak


Kenali Penyebab Dan Gejala Demam Berdarah Sebelum Terlambat

Jika muncul gejala demam dengue tersebut maka Anda harus segera melakukan tindak lanjut berupa konsultasi ke dokter terdekat. Penyakit demam dengue yang tidak disembuhkan dapat berubah menjadi demam berdarah dan pada kasus yang parah dapat mengakibatkan kematian. Di Indonesia sendiri kasus kematian karena penyakit demam berdarah juga sudah cukup banyak, karena itu Anda harus mengetahui cara mencegah dan mengobati demam berdarah yang akan kami ulas di artikel selanjutnya.

Sumber gambar: persagi-aceh.org,  sehatalamiku

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us