Kenali 3 Penyebab Kemandulan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya


Pada artikel sebelumnya Anda telah mengetahui bahwa kemandulan merupakan salah satu jenis kelainan yang membuat suatu pasangan sulit untuk mengalami terjadinya pembuahan walaupun sudah melakukan hubungan tanpa proteksi selama lebih dari 12 bulan. Tentu saja kemandulan atau infertilitas tersebut merupakan kelainan yang dapat terjadi pada salah satu dari pria atau wanita, bahkan keduanya dalam waktu bersamaan. Kali ini kami akan membahas apa saja penyebab kemandulan pada wanita dan cara mengatasinya.

Masalah Hormonal

Gangguan hormonal merupakan salah satu penyebab kemandulan pada wanita yang paling utama. Pada dasarnya, ovulasi yang harus terjadi pada setiap bulan tidak sesederhana kelihatannya, banyak aspek yang turut andil dalam proses ovulasi tersebut, interaksi hormone dalam tubuh wanita juga merupakan salah satunya.

Gangguan hormonal pada wanita biasanya ditandai dengan adanya ketidak seimbangan pada hormone tersebut serta interaksi antar hormone yang kurang baik, mekanisme alam yang terganggu tersebut mengakibatkan proses ovulasi menjadi terhambat, sehingga menyebabkan wanita tersebut mengalami kemandulan.

Kenali 3 Penyebab Kemandulan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Penyebab utama dari gangguan ini adalah adanya masalah pada syaraf hipotalamus atau kelenjar hipofis, bahkan dalam beberapa kasus dapat juga dikarenakan kegagalan dalam memproduksi sel telur yang matang. Cara mengobati masalah hormonal pada wanita harus dikonsultasikan dengan dokter, mereka akan memberi tahu langkah yang tepat dalam mengatasi hal tersebut.

Ovarium Rusak

Kemungkinan kedua yang menyebabkan infertilitas pada wanita adalah adanya gangguan pada ovarium. Memang secara sekilas hal tersebut terdengar cukup ekstrim, namun gangguan pada ovarium memang benar benar ada dan merupakan salah satu dari penyebab terjadinya kemandulan pada wanita. Anda tentu sudah mengetahui bahwa ovarium memegang peranan penting dalam proses ovulasi, maka dari itu adanya gangguan pada ovarium akan membuat proses terbentuknya sel telur menjadi terganggu dan mengakibatkan tidak adanya kehamilan karena sel sperma kesulitan untuk menemukan sel telur.

Kenali 3 Penyebab Kemandulan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Rusaknya ovarium ini dapat diakibatkan oleh operasi besar yang mengakibatkan kematangan folikel pada ovarium tidak terjadi, infeksi pada ovarium juga dapat menjadi penyebabnya.

Masalah Tuba Fallopi

Tuba Fallopi merupakan salah satu bagian dari system reproduksi wanita yang memegang peranan penting dalam proses pembuahan pada wanita. Gangguan pada saluran ini mengakibatkan kemungkinan berhasilnya pembuahan pada wanita juga berkurang. Faktanya, lebih dari 25% tingkat kehamilan ditentukan oleh seberapa bagus kondisi tuba fallopi ini. 

Kenali 3 Penyebab Kemandulan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Hampir sama seperti rusaknya ovarium, penyebab dari masalah pada tuba fallopi ini adalah infeksi, pembedahan serta kehamlina ektopik. Kehamilan ektopik adalah proses pembuahan yang terjadi di dalam saluran tuba fallopi ini sehingga kehamilan juga terjadi pada saluran tersebut, hal ini memang dapat diatasi secara medis namun tidak dapat dipungkiri akan membawa pengaruh terhadap kondisi dari saluran tersebut.

Kenali 3 Penyebab Kemandulan Pada Wanita Dan Cara Mengatasinya

Beberapa contoh diatas adalah penyebab infertilitas pada wanita. Selain karena adanya infeksi atau bekas pembedahan, kemandulan pada wanita pada dasarnya dapat disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok, alcohol, serta terlalu banyak mengkonsumsi obat obatan. Karena itu jika Anda dan pasangan Anda merasa proses pembuahan tidak kunjung terjadi dalam waktu yang tidak wajar, maka segeralah konsultasikan ke dokter terdekat.

Sumber gambar: akuinginhamil, doktersehat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us