Gejala Dan Penyebab Penyakit Panu


Penyakit kulit merupakan salah satu jenis penyakit yang paling dihindari, khusunya bagi para remaja. Selain dikarenakan gejalanya yang mengganggu, penyakit kulit juga membawa dampak tidak langsung kepada rasa percaya diri dikarenakan penyakit tersebut “terlihat” dengan cukup jelas. Salah satu penyakit kulit yang umum terjadi adalah penyakit panu. Panu merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan bercak yang berukuran kecil pada kulit. Jika pada umumnya Anda mengenal panu sebagai bercak yang memiliki warna putih, maka hal tersebut kurang tepat karena walau memang pada faktanya warna panu sebagian besar berwarna putih, ada beberapa kasus panu yang berwarna merah muda atau merah. Saat ini memiliki penyakit panu merupakan hal yang dianggap kurang baik bagi sebagian besar orang, karena panu dikaitkan dengan gaya hidup serta kebersihan yang kurang sehat, karena itu Anda perlu mengetahui penyebab dan gejala panu ini.

Gejala Dan Penyebab Penyakit Panu

Penyakit yang memiliki nama lain Tinea Versicolor atau dapat juga disebut dengan pityriasis versicolor ini merupakan penyakit yang tidak menular, namun penyakit ini tergolong dalam penyakit yang dapat menyebar dalam waktu yang singkat. Bagian yang paling sering terkena panu adalah bagian dada, punggung, lengan atas, dan leher. Jika Anda atau keluarga Anda terkena penyakit panu, maka tidak perlu terlalu khawatir karena penyakit ini bukanlah penyakit yang mematikan, namun tetap harus segera diobati agar tidak mengganggu kegiatan sehari hari.

Sebenarnya tidak ada gejala yang terlalu mencolok berkaitan dengan penyakit panu ini, umumnya penderita justru tidak sadar bahwa dia sedang terserang penyakit panu. Namun ada satu gejala yang hampir dapat dipastikan muncul ketika Anda mulai terserang penyakit panu, gejala tersebut adalah rasa gatal pada beberapa bagian tubuh. Bagian yang umumnya terserang oleh penyakit panu ini antara lain:

  • Kulit Kepala
  • Leher
  • Wajah
  • Tangan
  • Punggung

Gejala Dan Penyebab Penyakit Panu

Rasa gatal yang muncul umumnya disertai bercak berwarna putih atau dalam beberapa kasus berupa ruam berwarna merah, tergantung penderitanya. Penyakit panu ini disebabkan oleh jamur Malassezia yang ditemukan pada kulit, sebenarnya jamur tersebut tidak berbahaya namun ketika jamur tersebut berkembang biak diluar kendali maka itulah penyebab dari panu. Belum dapat diketahui pasti apakah penyebab berkembangnya jamur ini, namun ada beberapa faktor yang dapat memicu hal tersebut, antara lain

  • Kurang menjaga kebersihan kulit
  • Jenis kulit berminyak
  • Keringat berlebih
  • Pengaruh hormone

Gejala Dan Penyebab Penyakit Panu

Walau beberapa pemicu di atas bukan merupakan patokan mutlak tentang penyebab penyakit panu, namun ada baiknya jika Anda tetap memperhatikan hal hal tersebut karena dapat membantu meminimalisir kemungkinan datangnya serangan pan. Terserang penyakit panu memang bukan hal menyenangkan, karena itu Anda harus mengetahui bagaimana cara mencegah dan mengobati penyakit panu tersebut, semua itu akan kami ulas pada artikel selanjutnya.

Sumber gambaar: alodokter, obatherbalpolip.web.id

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us