Cara Menghindari Kesetrum Dan Cara Menyelamatkan Korbannya


Setelah membaca artikel kami sebelumnya tentang kesetrum dan bahayanya terhadap tubuh, Anda tentunya sudah mengetahui bahwa aliran listrik bukanlah sesuatu yang dapat dianggap remeh. Kebanyakan dari orang percaya bahwa aliran listrik dalam bentuk kabel dan semacamnya telah memiliki proteksi tersendiri berupa karet yang membungkusnya, namun sebenarnya tidak sesederhana itu. Sumber listrik bisa datang dari mana saja, bisa dari kabel yang terkelupas, colokan, atau bahkan aliran listrik statis yang tidak disangka sangka. Karena itulah dibutuhkan tingkat hati hati yang tinggi ketika Anda berurusan dengan sumber listrik, selalu gunakan proteksi yang pas dan lakukan prosedur yang benar ketika Anda mencoba memperbaiki peralatan elektronik. Sayangnya memang terkadang setiap hal tidak berjalan seperti apa yang kita harapkan, walau sudah berusaha sebisa mungkin untuk berhati hati, namun tidak jarang seseorang tetap terkena musibah berupa sengatan listrik. Karena itulah diperlukan pengetahuan tentang bagaimana cara mengindari sengatan listrik serta menolong korbannya.

Cara Menghindari Kesetrum Dan Cara Menyelamatkan Korbannya

Cara Menghindari Kesetrum

Pada dasarnya aliran listrik yang mengakibatkan Anda tersetrum terjadi ketika tubuh Anda menjadi konduktor untuk aliran listrik yang berasal dari sumber daya. Dikarenakan sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan, maka sudah pasti bahwa tubuh kita merupakan suatu konduktor listrik yang sangat efektif. Listrik yang berasal dari sumber tersebut akan mengalir menuju daerah yang memiliki tegangan lebih rendah, yaitu permukaan tanah. Karena itu, untuk menghindari kesetrum sebenarnya cukup sederhana, jangan biarkan aliran listrik tersebut mengalir ke bumi. Berikut adalah beberapa caranya:

  • Matikan listrik ketika akan memperbaiki perangkat elektronik
  • Jangan sering menumpuk stop kontak
  • Hati hati terhadap kabel yang terkelupas
  • Gunakan alas kaki 
  • Pastikan tubuh tidak dalam kondisi basah

Cara Menghindari Kesetrum Dan Cara Menyelamatkan Korbannya

Beberapa cara serta tips sederhana diatas mungkin dapat membantu Anda untuk dapat menghindari terkena sengatan listrik atau kesetrum. Perlu diingat bahwa semua hal tersebut akan percuma jika Anda tidak berhati hati dalam melakukan kontak dengan perangkat yang memiliki aliran listrik, jadi tetaplah berhati hati.

Cara Menolong Korban Kesetrum

Tidak jarang orang yang mencoba menolong korban sengatan listrik justru ikut tersengat juga, hal itu terjadi karena minimnya pengetahuan tentang langkah apa yang harus dan tidak boleh dilakukan ketika berusaha menolong orang yang tersengat aliran listrik. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk dapat menolong korban sengatan listrik / kesetrum

  • Matikan sumber listrik, pastikan daerah di sekitar korban sudah aman
  • Jangan menyentuh korban secara langsung
  • Hubungi IGD secepatnya
  • Jika berhasil mengamankan korban, periksa bagian tubuhnya
  • Lakukan Resusitasi Jantung-Paru jika diperlukan, dan hanya jika Anda tahu caranya
  • Jika ada pendarahan, bantu bersihkan daerah yang terluka

Cara Menghindari Kesetrum Dan Cara Menyelamatkan Korbannya

Menolong orang tersengat listrik memang bukan hal mudah, perlu ingat bahwa ketika menolong orang tersebut maka secara otomatis Anda juga tengah mempertaruhkan nyawa Anda, maka selalu perhatikan prosedur yang benar dan hubungi IGD secepatnya. Jangan sampai Anda juga menjadi korban tambahan ketika ingin menolong orang lain.

Artikel ini menandai berakhirnya ulasan sederhana kami tentang apakah bahaya kesetrum dan bagaimana cara menghindarinya. Semoga ulasan kami ini membawa manfaat bagi Anda dan dapat menambah pengetahuan yang mungkin suatu  saat dapat bermanfaat untuk menyelamatkan nyawa seseorang.

Sumber gambar: heolcorp,hellosehat


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us