Cara Mengatasi Penyakit Kurang Tidur


Bagi Anda yang memiliki kegiatan yang cukup padat, mungkin sekedar menyisakan waktu untuk beristirahat dan tidur merupakan hal yang cukup sulit. Faktanya, sebagian besar penduduk Indonesia, terutama remaja menggunakan waktu tidurnya di bawah waktu tidur normal, padahal tidur adalah salah satu cara paling sederhana untuk mempertahankan kondisi tubuh. Akibatnya, mereka terkena penyakit kurang tidur (Sleep Deprivation) dan akan mengalami masalah dalam melakukan kegiatan sehari hari. Benar saja, kurang tidur bukan sekedar kondisi melainkan sebuah penyakit, dalam kasus yang parah penyakit kurang tidur ini dapat mengakibatkan penderitanya tidak bisa tidur walau mereka sangat membutuhkan tidur itu sendiri. Karena itulah kami akan memberi beberapa tips sederhana untuk mengatasi penyakit kurang tidur ini: 

  • Tidur

Mungkin bagi Anda tidur ketika Anda merasa kurang tidur merupakan tips yang sudah cukup jelas dan tidak perlu dijabarkan lagi, memang benar tidur adalah obat yang paling mujarab untuk mengobati penyakit kurang tidur. Masing masing manusia memiliki kadar tidurnya tersendiri, tubuh secara otomatis akan mampu mengenali kapan mereka membutuhkan istirahat dan harus berhenti sejenak dari kegiatan sehari hari, kadar tidur tersebut tentu saja berubah seiring dengan berjalannya waktu. Kualitas tidur yang buruk, seperti begadang atau waktu tidur yang kurang dapat mengakibatkan penyakit seperti insomnia ataupun gangguan pernapasan saat tidur (Sleep Apnea). Pada akhirnya anomali anomali tersebut dapat mengakibatkan kurang tidur. 


  • Lakukan Aktifitas

Melakukan aktifitas ketika sedang kurang tidur mungkin terdengar sebagai saran yang konyol, namun ternyata beraktifitas memiliki banyak manfaat. Pertama adalah meningkatkan konsentrasi, ketika Anda mengalami kurang tidur dan perlu untuk melakukan sesuatu atau belajar, maka lakukanlah aktifitas sederhana seperti berlari lari kecil atau sekedar push up, maka Anda akan merasa lebih bisa konsentrasi, sayangnya efek tersebut tidak berjalan dalam waktu lama. Beraktifitas juga dapat membantu meningkatkan rasa lelah Anda, sehingga memancing tubuh Anda untuk tidur, hal tersebut sangat berguna bagi Anda yang kesulitan untuk tidur. Ingin ngantuk? Berolahragalah!


  • Kondisi Lingkungan Yang Kurang Baik

Kebanyakan orang mengalami kurang tidur bukan karena mereka tidak ingin tidur, tetapi karena mereka tidak bisa tidur. Faktanya pengaruh lingkungan sangat berdampak pada kualitas hidup seseorang, banyak faktor yang memiliki andil dalam hal ini. Faktor faktor tersebut antara lain suara, suasana, serta postur. Orang tidak akan bisa tidur jika berada di tempat yang sangat ramai karena otak secara otomatis akan membuat tubuh dalam kondisi terjaga, begitu juga suasana serta postur tidur yang buruk akan berpengaruh terhadap kualitasnya.


Beberapa contoh diatas adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk mengobati penyakit kurang tidur. Perlu Anda tahu, seperti namanya faktor yang mempengaruhi penyakit kurang tidur adalah kualitas tidur yang tidak bagus, maka sewajarnya jika Anda mampu untuk memaksimalkan kondisi lingkungan serta tubuh Anda agar tubuh Anda mendapatkan waktu istirahat tidur yang sesuai kadarnya.

Sumber gambar: verywell.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us