Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Panu


Dalam artikel sebelumnya Anda telah mengenal beberapa penyebab utama penyakit panu. Tentu saja mengetahui penyebab panu serta gejala yang mungkin tumbuh tersebut tida akan lengkap tanpa mengetahui bagaimana cara mencegah dan mengobatinya. Pengetahuan tentang cara cara tersebut sangatlah penting karena penyakit panu merupakan salah satu penyakit yang memiliki stigma negative di mata masyarakat saat ini. Terlebih lagi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan oleh penyakit ini juga dapat mengganggu kehiduipan sehari hari, terlebih jika penyakit ini muncul pada area tubuh yang dapat terlihat dengan jelas. Berikut adalah beberapa tips sederhana tentang cara mencegah dan mengobat penyakit panu yang dapat Anda praktekkan sendiri di rumah.

Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Panu

Sebelumnya sekali lagi kami ingatkan bahwa pada dasarnya penyakit panu ini adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur yang berkembang biak dengan terlalu pesat. Jamur tersebut sudah umum ditemukan pada kulit manusia, namun jika perkembangannya diluar batas, maka dapat menjadi apa yang kita kenal sebagai bercak panu tersebut. Berikut adalah beberapa tips agar Anda dan keluarga Anda dapat terhindar dari panu.

Jaga Kebersihan Tubuh

Seperti yang kami ungkap di atas, masyarakat saat ini memiliki sedikit stigma negative terhadap penyakit panu, hal tersebut bukan terjadi tanpa alasan. Salah satu penyebab munculnya panu adalah kurang menjaga kebersihan tubuh, tubuh yang tidak bersih tadi itulah yang mengakibatkan liarnya pertumbuhan jamur panu tersebut. 

Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Panu

Karena itu setidaknya Anda harus mandi 2 kali dalam sehari. Dalam proses mandi pun sebaiknya tidak asal asalan atau yang biasa kita kenal sebagai mandi bebek, yaitu mandi yang hanya sekedar membasuh dengan air saja tanpa menggosoknya. Untuk dapat mengurangi resiko terkena panu, maka sebaiknya Anda mandi dengan benar, yaitu menggosok tubuh bahkan dengan sabun anti bakteri juga.

Jangan Lupa Ganti Handuk / Pakaian

Jangan menggunakan pakaian yang sama dalam jangka waktu lama hingga berhari hari, sama seperti penggunaan handuk, ketika Anda selesai menggunakannya, segera jemur di tempat yang terkena sinar matahari, jangan biarkan basah tanpa dijemur. Hal tersebut akan membuat handuk menjadi kotor, akan terasa percuma jika Anda mandi dengan sangat bersih tapi harus mengusap badan dengan handuk yang kotor.

Jangan Tunda Mandi Saat Berkeringat

Tentu Dalam keseharian banyak hal yang dapat mengakibatkan munculnya keringat, seperti olahraga atau fitness, ketika suhu tubuh masih tinggi, memang tidak disarankan untuk langsung mandi karena dapat berpengaruh buruk, namun ketika dirasa sudah saatnya untuk mandi maka segerakanlah dan jangan ditunda, salah satu faktor tumbuhnya panu adalah menunda mandi.

Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Panu

Ada banyak cara menyembuhkan panu, Anda tidak perlu khawatir karena cara cara tersebut adalah cara sederhana dengan bahan yang dapat Anda dapatkan dimana saja, berikut adalah beberapa cara untuk menyembuhkan panu tersebut:

  • Gunakan Obat panu 2x sehari
  • Lengkuas
  • Kunyit 
  • Daun Pare


Beberapa bahan diatas dapat Anda gosokkan pada bagian tubuh yang terkena panu. Penyakit panu memang bukan penyakit mematikan namun penyakit yang mengganggu ini dapat Anda cegah agar tidak mengganggu keseharian Anda, jadi selalu jaga kebersihan.

Sumber gambar: androidauthrority, detik,com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us