Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Demam Berdarah


Pada artikel sebelumnya Anda sudah mengetahui penyebab serta gejala demam berdarah. Perlu kami ulangi lagi bahwa penyakit demam berdarah adalah suatu bentuk komplikasi dari demam dengue (Dengue Fever) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, namun masyarakat Indonesia sudah terlanjur menganggap demam dengue dan demam berdarah menjadi satu. Seperti yang Anda ketahui, demam berdarah adalah suatu penyakit yang memiliki potensi cukup besar untuk mengakibatkan kematian jika tidak ditangani dengan serius. Karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mencegah dan mengobati penyakit demam berdarah, bisa jadi pengetahuan yang Anda miliki dapat menyelamatkan seseorang dari terkaman penyakit ini.

Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Demam Berdarah

Dikarenakan penyebab dari demam dengue ini karena virus yang disebarkan oleh nyamuk, maka langkah paling tepat adalah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan Anda , terutama sanitasi air karena hal tersebut merupakan tempat nyamuk untuk berkembang biak. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan demi mencegah terserang penyakit tersebut.

  • Bersihkan bak mandi secara berkala, penambahan serbuk untuk membunuh jentik nyamuk seperti serbuk abate juga disarankan.
  • Memasang kawat anti nyamuk pada ventilasi rumah
  • Gunakan pakaian yang longgar
  • Gunakan Losion anti nyamuk yang mengandung DEET atau diethylmetatoluamide, namun lebih baik tidak terlalu sering karena DEET dapat membawa beberapa masalah terhadap tubuh Anda
  • Tidak membiarkan air menggenang
  • Tutup atau singkirkan bak penampung air yang ada di sekitar rumah
  • Adakan fogging secara berkala, biasanya fogging akan dilakukan ketika sudah ada salah satu warga yang terkena demam berdarah

Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Demam Berdarah
Beberapa contoh di atas adalah tindakan preventif sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri untuk mencegah terserang demam berdarah. Namun pada dasarnya beberapa contoh tersebut termasuk dalam tindakan untuk menghentikan perkembangan nyamuk dengan menghilangkan tempat tempat potensial bagi nyamuk untuk berkembang biak. Jika Anda terpaksa untuk berada di daerah yang sudah terkena wabah penyakit ini, maka ada beberapa hal lagi yang juga perlu Anda perhatikan, antara lain:

  • Pilih tempat dengan sirkulasi udara yang baik
  • Gunakan pakaian dan celana panjang
  • Buat jebakan nyamuk 
  • Gunakan losion anti nyamuk

Cara Mencegah Dan Mengobati Penyakit Demam Berdarah

Memang jika terpaksa tinggal dalam daerah yang sudah terkena wabah demam berdarah, ada kemungkinan bagi kita untuk terserang juga.  Perlu Anda ketahui bahwa beberapa orang percaya jika telah terkena demam berdarah maka sudah mengalami kebal atau imun sehingga tidak akan terkena lagi. Hal tersebut bukanlah anggapan yang tepat, karena virus dengue terbagi ke dalam 4 tipe, yaitu DEN 1, DEN 2, DEN 3, dan DEN 4. Benar memang jika sudah pernah terkena salah satu tipe maka tubuh secara otomatis akan melakukan pembentukan sistem kekebalan tubuh secara permanen terhadap tipe tersebut, namun masih ada tipe lainnya yang dapat menyerang, jadi jangan pernah meremehkan penyakit ini. Ketika Anda atau orang terdekat Anda terkena demam berdarah, maka segera bawa mereka ke dokter dan rumah sakit, jangan pernah mencoba untuk menyembuhkan sendiri karena jika tidak segera diobati, penyakit ini dapat merenggut nyawa.

Sumber gambar: sdnbd.org,CNN

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us