Bahaya Dehidrasi Terhadap Tubuh


Tentu Anda sudah mengerti bahwa tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan yang tersebar di seluruh bagian tubuh mulai dari darah, sel otot, serta tulang. Di dalam darah yang merupakan salah satu komponen penting dalam tubuh, cairan merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan, jika tidak ada cairan yang cukup maka darah kita tidak akan mengalir selayaknya kondisi darah normal, tentu saja dengan bantuan berbagai organ lainnya juga.  Normalnya manusia membutuhkan 5 hingga 8 gelas air perhari, namun tidak jarang juga orang yang mengkonsumsi sedikit lebih banyak dari jumlah tersebut. Masalah muncul ketika seseorang mengonsumsi air dibawah kadar normal, maka akan terjadi penyakit yang biasa kita kenal dengan dehidrasi / kekurangan cairan tubuh. 


Pada kondisi normal, seseorang yang sudah dewasa akan kehilangan kurang lebih 10 gelas cairan tubuh setiap harinya karena bernafas, buang air, keringat, dan masih banyak faktor lainnya. Cairan tersebut harus tergantikan dengan meminum air ataupun minuman pengganti cairan tubuh lainnya. Ketika cairan tubuh tersebut tidak terganti, maka akan timbul penyakit yang dinamakan dengan dehidrasi. Walau terdengar sederhana, namun Anda tidak boleh meremehkan penyakit dehidrasi ini karena penyakit ini dalam kondisi yang cukup parah dapat mengakibatkan kematian. Berikut adalah beberapa bahaya dehidrasi terhadap tubuh yang berhasil kami rangkum.

Rasa Lelah Yang Berlebih

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, cairan tubuh adalah salah satu faktor utama untuk membuat tubuh dapat beraktifitas. Maka dari itu sudah dapat dilihat seberapa pentingnya cairan tubuh ini terhadap kondisi fisik Anda. Dehidrasi atau kurang cairan terjadi ketika cairan yang keluar dari tubuh tidak diimbangi dengan jumlah cairan yang masuk abatnya aktifitas enzim di dalam tubuh menjadi terhambat, hal tersebut mengakibatkan tubuh Anda mengalami kelelahan. 

Gangguan Penceranaan

Salah satu dampak dehidrasi terhadap tubuh yang kedua adalah gangguan pencernaan. Cairan memegang peranan penting dalam membantu proses penceranaan dalam tubuh manusia, maka dari itu sudah tentu kekurangan cairan akan membawa dampak negative juga pada proses pencernaan Anda. Gangguan tersebut antara lain asam lambung, gastritis, atau kesulitan buang air besar (sembelit)

Penyakit Kulit

Tahukah Anda bahwa kekurangan cairan dapat mengakibatkan munculnya beberapa penyakit kulit? Cairan tubuh berperan penting dalam proses pembuangan racun melalui kulit. Dehidrasi, di lain sisi mengakibatkan proses pembuangan racun melalui kulit terganggu sehingga kulit juga menjadi rentan terhadap penyakit kulit seperti dermatitis atau bahkan psoriasis.


Secara keseluruhan, sebenarnya masih banyak lagi penyakit yang dapat muncul dikarenakan kekurangan cairan, namun sekali lagi tujuan kami adalah mengingatkan Anda untuk lebih peduli pada berapa gelas air yang Anda habiskan setiap harinya, sehingga tubuh Anda tidak akan kekurangan cairan dan dalam waktu yang sama juga menjadi tahan terhadap serangan penyakit. 

Sumber gambar: alodokter, livetheoutdoors.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us