3 Cara Sederhana Untuk Memeriksa Keaslian Madu


Madu memang merupakan bahan pemanis alami yang digemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang lezat, kandungan gizi dalam madu juga membawa banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Madu juga dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara, ada yang mengkombinasikannya dengan masakan lain seperti kue, ada yang memilih untuk mencampurnya ke dalam minuman hangat dan bahkan ada pula yang lebih suka untuk meminumnya secara langsung. Terlepas dari semua manfaat dan kelebihan madu tersebut, ada satu hal yang disayangkan yaitu banyaknya madu palsu yang beredar di pasaran. Madu palsu ini tentu saja memiliki kandungan gizi yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang murni. Karena itulah artikel ini akan membahas bagaimana cara membedakan madu asli dengan madu yang telah diberi campuran. 

3 Cara Sederhana Untuk Memeriksa Keaslian Madu

Periksa Tanggal Kadaluarsa

Tidak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya madu murni yang masih belum terkontaminasi bahan campuran tidak akan memiliki masa kadaluarsa / expired. Kebanyakan madu yang dijual di pasaran mencantumkan tanggal kadaluarsa pada botolnya, dan hal tersebut tentu saja mengindikasikan secara tidak langsung bahwa madu tersebut telah dicampuri oleh bahan bahan lain, bukan madu murni. Cara mendapatkan madu murni dengan kualitas terbaik adalah dengan membelinya secara langsung dari peternakan lebah terdekat di rumah Anda karena umumnya madu yang didapat dari tempat tersebut merupakan madu yang masih belum melalui proses produksi yang tercampur dengan bahan bahan lainnya.

Periksa Apakah Madu Tersebut Dikerubuti Semut

3 Cara Sederhana Untuk Memeriksa Keaslian Madu

Hal kedua yang dapat Anda lakukan sebenarnya cukup sederhana, yaitu sekedar memeriksa apakah madu yang Anda beli dikerubuti oleh semut atau tidak. Madu yang masih murni atau belum memiliki bahan campuran sama sekali biasanya tidak akan didekati oleh semut, karena semut secara alami tidak menyukai aroma enzim yang dikeluarkan oleh madu. Namun, jika madu yang Anda miliki didatangi oleh semut barang satu atau duapun maka dapat dipastikan bahwa madu Anda bukanlah madu murni. 

Periksa Kondisi Madu yang Berada Di Dalam Botol

Cara ketiga juga melibatkan pengamatan sederhana, yaitu memeriksa kondisi madu yang ada di dalam botol yang Anda beli. Madu asli pada umumnya tidak mengandung air, karena setelah melalui proses pengolahan yang tertinggal hanyalah enzim yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Karena itulah Anda dapat mengamati madu yang ada di dalam botol untuk mencari sejenis endapan yang mengental dan mengkristal di dalamnya. Jika Anda menemukan hal tersebut maka dapat dipastikan bahwa madu yang Anda miliki merupakan produyk madu murni. 

3 Cara Sederhana Untuk Memeriksa Keaslian Madu

Beberapa cara diatas adalah hal sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri untuk mengecek keaslian madu. Madu yang murni mengandung lebih banyak manfaat bagi tubuh dan saat ini jika dilihat sekilas perbedaan antara madu yang benar benar murni dengan yang mengandung campuran tidaklah terlalu jauh. Karena itulah Anda harus lebih waspada dan teliti dalam membeli madu demi kesehatan Anda dan orang orang terdekat Anda.

Sumber gambar: aslimadu, jualmaduhutanasli

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us