Tips Menjaga Kesehatan Mata


Bagi setiap orang, tentu kesehatan tubuh adalah hal yang sangat penting. Salah satu “aset” tubuh yang paling berharga adalah mata. Di era digital ini, tentu saja Anda harus siap dengan segala pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk berada di depan computer. Benar saja, dengan segala kemudahan yang ada pada saat ini, hampir semuanya dapat dilakukan hanya dengan beberapa ketikan pada keyboard atau ketukan pada smartphone. Mata sebagai salah satu bagian tubuh yang bekerja paling keras saat melakukan pekerjaan sehari hari tersebut tentu saat rentan akan bahaya penyakit. Beberapa penyakit yang umum terjadi pada mata adalah penyakit rabun jauh, rabun dekat, serta iritasi mata. Pada dasarnya cepat atau lambat memang kemampuan mata Anda akan mengalami penurunan karena faktor usia, namun tentu saja ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan sebagai kebiasaan untuk menjaga kesehatan mata Anda:

Tips Menjaga Kesehatan Mata

  • Perbanyak Konsumsi Sayur Serta Buah Buahan

Hal paling dasar dalam menjaga kesehatan tubuh adalah dengan melakukan konsumsi makanan yang mengandung gizi serta vitamin tinggi, serta menghindari makanan yang berdampak buruh bagi tubuh.  Tentu saja mata juga termasuk di dalamnya, ada banyak jenis buah serta sayuran yang dapt memberi manfaat serta menjaga kesehatan mata Anda, salah satunya adalah wortel. Wortel mengandung zat Beta Karoten yang sangat baik untuk mata. Namun bukan berarti buah atau sayuran yang lain tidak memiliki manfaat, Anda bisa tentukan sendiri menu makanan sehari hari agar tidak terlalu monoton.

  • Ketahui Hal Yang Dapat Merusak Mata Anda

Anda tentu sering mendengar kalimat “Jangan membaca dalam gelap” atau “Jangan menatap layar computer terlalu lama” bukan? Mungkin ketika Anda kecil dulu kalimat kalimat tersebut  hanya sekedar larangan biasa. Faktanya, kedua hal tersebut adalah dua faktor utama yang menyebabkan menurunnya kemampuan mata Anda. Posisi yang baik saat membaca adalah dengan pencahayaan yang cukup sehingga mengurangi ketegangan mata. Untuk layar computer, perlu adanya jarak yang cukup serta istirahat berkala dari depan monitor untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Tips Menjaga Kesehatan Mata


  • Kurangi Penggunaan Tetes Mata Serta Lensa Kontak

Tips ketiga ini berlaku khususnya bagi para wanita. Penggunaan lensa kontak dalam waktu lama dapat mengganggu kesehatan mata Anda, jadi perlu adanya moderasi dalam penggunaan lensa kontak tersebut. Penggunaan obat tetes mata yang terlalu sering juga tidak bagus, tentunya akan lebih baik lagi jika Anda menggunakannya atas saran dokter.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Pada dasarnya kesehatan mata Anda berasal dari kebiasaan Anda sehari hari. Kebiasaan sehari hari yang sehat akan berdampak secara langsung pada kesehatan mata Anda, begitu juga sebaliknya. Namun tetap pada prinsip awal jika Anda merasa ada yang kurang nyaman pada mata Anda maka tidak ada salahya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Sumber gambar: alodokter, akuratpost

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us