Ternyata Rutinitas Lari Bermanfaat Untuk Lutut Anda


Setiap olahraga tentu memiliki manfaat yang besar untuk tubuh, namun beberapa orang yakin bahwa dibalik manfaat tersebut tersimpan sesuatu yang dapat berdampak negatif juga. Salah satu contohnya adalah rutinitas berlari, kegiatan yang biasa dilakukan di pagi dan sore hari ini dipercaya dapat meningkatkan stamina serta membuat tubuh lebih sehat. Sayangnya, kebiasaan berlari khususnya dalam jarak jauh menurut sebagian orang dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan lutut, mereka percaya bahwa ketika tubuh berlari secara rutin, lutut dipaksa untuk menopang berat badan dan melakukan aktifitas berat sehingga akan mengurangi daya tahan sendi. Hal tersebut mengakibatkan sendi lutut akan melemah sehingga memicu rasa sakit seiring dengan bertambahnya usia. Ternyata, hal tersebut tidak benar, menurut penelitian terbaru berlari secara rutin justru dapat memperkuat sendi lutut dan menjauhkannya dari penyakit.

Ternyata Rutinitas Lari Bermanfaat Untuk Lutut Anda

Berdasarkan press release oleh seorang professor dalam  bidang penelitian olahraga di BYU (Brigham Young University)bernama  Matt. Seeley, PhD.  Menyatakan bahwa anggapan berlari dalam jarak jauh (long distance running) memiliki dampak buruh terhadap kesehatan lutut hanyalah rumor belaka. Lebih lanjut lagi, beliau mengatakan bahwa berlari bukan penyebab dari berkurangnya kesehatan lutut namun sebaliknya, berlari justru mampu meningkatkan kesehatan lutut bahkan melindunginya dari penyakit seperti osteoarthritis atau umum dikenal orang sebagai nyeri sendi.

Untuk membuktikan teorinya, Seeley beserta tim risetnya melakukan penelitian dengan mengambil sampel dari mengukur  cairan yang diambil dari sendiri lutut pria dan wanita sehat yang berumur antara 18 hingga 35 tahun, setelah dan sebelum berlari. Cairan yang diambil adalah carian synovial  untuk dua jenis protein ang dalam istilah kedokteran dikenal dengan GM-CSF dan IL-15, kedua protein tersebut menandakan adanya peradangan yang bersifat merusak.

Ternyata Rutinitas Lari Bermanfaat Untuk Lutut Anda

Berdasarkan hasil yang keluar, kadar cairan synovial yang diambil menunjukkan bahwa tingkat kedua jenis protein tersebut mengalami penurunan. Secara tidak langsung itu berarti bahwa setelah berlari, resiko untuk mengalami peradangan pada sendi justru berkurang, bukan bertambah. Hal tersebut membuktikan bahwa berlari tidak menyebabkan nyeri sendi namun mengurangi kemungkinan munculnya rasa nyeri tersebut.

Ternyata Rutinitas Lari Bermanfaat Untuk Lutut Anda

Riset tersebut dirilis di dalam Europian Journal of Applied Physiology; Namun riset tersebut masih memiliki kekurangan karena sampel yang diambil masih terlalu sedikit, hanya sekitar 6 orang saja dan durasi berlari hanya kurang lebih 30 menit, padahal durasi berlari secara normal dapat mencapai satu jam atau lebih. Meskipun begitu, Robert Hyldahl, PhD. Asisten dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa setidaknya riset tersebut dapat menyangkal anggapan tentang berlari memiliki dampak buruk terhadap kesehatan lutut.

Jadi, saat ini Anda tidak perlu khawatir tentang mitos berlari yang biasa Anda dengar. Justru sebaliknya, berlari dapat membuat lutut Anda semakin sehat. Walaupun begitu, tidak menutup fakta bahwa ada kemungkinan cedera saat berlari, jadi Anda harus tetap hati hati dan tidak berlebihan dalam melakukannya.

Sumber gambar:fitnessviking,istockphoto

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us