Solusi Cepat Untuk Menangani Penyakit Tifus


Jika dalam artikel sebelumnya Anda telah mengetahui bagaimana penyakit tifus dapat terjadi serta apa sajakah gejala gejala yang menandakan bahwa seseorang telah terkena tifus, maka dalam artikel ini kami akan memberi beberapa solusi yang dapat Anda lakukan ketika Anda atau orang terdekat Anda terserang penyakit tifus. Perlu diingat bahwa penyakit tifus ini adalah salah satu penyakit yang membutuhkan penanganan khusus dan  harus segera diobati karena jika terlambat, maka infeksi bakteri salmonella  ini dapat menjarah ke bagian lain sehingga dapat menimbulkan komplikasi, tidak jarang penderita tifus yang harus meregang nyawa karena tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. 

Solusi Cepat Untuk Menangani Penyakit Tifus

Pada dasarnya, pengobatan tifus dilakukan berdasarkan tingkat tifus itu sendiri, jika masih dalam stadium awal atau sekitar 1 hingga 7 hari maka pengobatan dapat dilakukan di rumah, namun jika sudah lebih dari itu maka pengobatan harus dilakukan di rumah sakit dengan pengawasan dokter. Cara paling efektif dalam meredakan tifus adalah terapi antibiotik, umumnya didapatkan setelah melakukan tes sampel darah sehingga ditemukan tipe antibiotic yang sesuai. Namun untuk mengetahui lebih lanjut langkah langkah pengobatan penyakit tifus berdasarkan stadiumnya maka sebaiknya Anda simak ulasan di bawah ini.

Solusi Cepat Untuk Menangani Penyakit Tifus

Pertama adalah stadium awal tifus, umumnya terjadi pada sekitar minggu awal munculnya gejala gejala yang menandakan masuknya penyakit tersebut. Pada fase ini, pengobatan di rumah dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal; pertama adalah dengan memberikan tablet antibiotic yang dapat membasmi bakteri salmonella yang menyerang.  Sayangnya dalam beberapa bagian di Asia Tenggara, kebanyakan bakteri salmonella typhi telah kebal terhadap antibiotik seperti kloramfenikol, ampicillin, trimotheprim silfamethoxazole. Kekebalan tersebut mengakibatkan pengobatan di rumah menjadi tidak efektif, hal tersebut mengharuskan Anda untuk memulai pengobatan tifus di rumah sakit.

Solusi Cepat Untuk Menangani Penyakit Tifus

Untuk pengobatan tifus di rumah sakit, umumnya dilakukan ketika penyakit tifus sudah dalam stadium lanjut atau ketika pengobatan di rumah sudah tidak lagi memungkinkan. Seperti biasanya, Anda akan diberi sejenis antibiotik dalam bentuk suntikan, tidak hanya itu, di rumah sakit Anda juga akan mendapatkan tambahan asupan cairan dan nutrisi melalui infus.  Tambahan asupan dan nutrisi tersebut dilakukan jika penyakit sudah membuat Anda muntah, diare parah, serta perut kembung, pada saat gejala tersebut muncul, maka sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar.

Penyakit tifus merupakan penyakit yang berbahaya, karena itu sebaiknya Anda mengerti langkah antisipasi agar tidak terserang penyakit tersebut, antara lain:
  • Istirahat cukup
  • Minum banyak air putih dalam sehari
  • Makan secara teratur
  • Selalu jaga kebersihan

Walau kebanyakan orang berpendapat bahwa penyakit tifus umumnya tidak dapat datang kembali, namun faktanya bakteri salmonella tersebut masih berdiam di dalam usus sehingga tidak jarang kasus dimana penderita kembali terserang tifus untuk kedua kalinya. Karena itulah sangat penting untuk menjaga diri dan lingkungan agar tidak terkena penyakit yang dapat berakibat kematian ini.

Sumber gbr:limitedrun,bebekidsworld

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us