Segala Tentang Tifus: Gejala Dan Penyebab


Demam tifoid atau biasa dikenal dengan penyakit tifus adalah salah satu penyakit yang paling umum menyerang warga di Indonesia. Benar saja, penyakit yang secara umum disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi  ini cenderung menyerang penduduk yang hidup di daerah yang kumuh atau kurang bersih. Hal tersebut terjadi karena bakteri tersebut dibawa oleh hewan pengerat seperti tikus, ketika seseorang melakukan kontak dengan bakteri tersebut, maka dapat dipastikan bahwa bakteri salmonella akan mulai menginfeksi tubuh sehingga timbullah gejala gejala yang biasa kita kenal dengan gejala penyakit tifus.

Segala Tentang Tifus: Gejala Dan Penyebab

Perlu Anda diketahui bahwa tifus ini dapat menular dengan cepat. Bermula pada seseorang yang melakukan kontak dengan benda yang telah terkontaminasi oleh bakteri, ketika seeorang tersebut sudah mengalami gejala tifus atau dikenal dengan istilah demam tifoid, maka besar kemungkinan bahwa orang tersebut dapat menularkan penyakitnya melalui benda benda yang terlibat kontak langsung dengan cairan tubuh seperti keringat, liur, atau urine.

Tifus dapat menyerang siapa saja, tidak mengenal usia. Namun biasanya anak anak adalah korban yang paling rentan terkena penyakit ini karena mereka cenderung kurang memperhatikan kebersihan, sementara salah satu penyebab penyakit ini adalah kurang terjaganya kebersihan yang memungkinkan bakteri untuk mulai berhinggap dan selanjutnya menginfeksi. 

Segala Tentang Tifus: Gejala Dan Penyebab

Pada dasarnya penyakit tifus adalah penyakit yang menyerang bagian usus, oleh karena itu penderita umumnya merasakan sakit di perut bagian bawah. Kebanyakan orang menganggap rasa sakit perut ini adalah sakit maag, padahal keduanya berbeda sangat jauh. Selain karena bakteri salmonella tersebut, tifus juga dapat disebabkan oleh konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang sudah basi atau kotor dapat mengakibatkan rusaknya kondisi dinding usus, kemudian mengakibatkan luka dan dapat menjadi pendarahan yang cukup parah.

Gejala tifus memiliki kemiripan dengan penyakit demam berdarah, karena itulah kebanyakan orang cenderung melakukan salah analisis terhadap dua penyakit tersebut. Gejala awal penyakit tifus umumnya adalah demam tinggi, demam tersebut dapat berlanjut hingga satu minggu, tentu saja jika tidak segera ditangani maka akan terjadi hal yang lebih berbahaya. Berikut beberapa gejala utama penyakit tifus:
  • Demam tinggi 
  • Sakit kepala
  • Diare atau konstipasi
  • Sakit perut, mual
  • Refluks atau muntah
  • Warna lidah berubah menjadi keputihan

Segala Tentang Tifus: Gejala Dan Penyebab

Untuk demam, seperti gejala demam berdarah dimana kondisi panas akan berlangsung selama beberapa hari, lalu turun seakan akan telah sembuh , kemudian memuncak. Ketika Anda atau saudara Anda telah menunjukkan gejala gejala seperti di atas, maka sebaiknya Anda segera konsultasi ke dokter karena penyakit tifus jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat berakibat fatal, yaitu kematian. Beberapa contoh pengobatan sederhana untuk penyakit tifus ini akan kami ulas dalam artikel kami selanjutnya.

Sumber gbr: penyakittifus, artikelkesehatan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us