Segala Tentang Influenza: Penyebab Dan Solusi


Anda tentu mengetahui penyakit yang paling sering menyerang siapapun dan kapanpun yang bernama influenza atau biasa dikenal dengan flu bukan? Memang benar bahwa influenza bukanlah penyakit yang tergolong mematikan atau membutuhkan penanganan dokter dengan cepat, biasanya hanya dengan istirahat berupa cukup tidur dan beberapa butir kapsul pereda flu maka penyakit tersebut dapat hilang dengan sendirinya. Namun, mengingat bahwa sistem imun tubuh memegang peranan penting dalam membunuh penyakit ini, maka ada kemungkinan kecil bahwa influenza yang tidak segera ditindak lanjuti akan menimbulkan komplikasi dan bahkan pada kasus yang sangat parah dapat mengakibatkan kematian. Karena itu Anda perlu mengetahui segala hal tentang influenza mulai dari gejala, penyebab serta solusinya demi Anda dan keluarga.

Segala Tentang Influenza: Penyebab Dan Solusi

Pada dasarnya Anda harus dapat membedakan gejala influenza dengan pilek biasa, karena gejala awal keduanya memang memiliki kemiripan. Perbedaan ada di perkembangan kedua penyakit tersebut, jika pilek biasa hanya terbatas pada tersumbatnya hidung dan demam, maka influenza dapat mengarah ke gejala berikut:

  • Demam diatas 38 derajat celcius
  • Keringat dingin serta suhu tubuh tidak normal
  • Batuk kering
  • Hilang nafsu makan
  • Diare dan muntah (umumnya pada anak)


Ada tiga tipe virus yang dapat menyebabkan flu, yaitu Influenza A,B, dan C. Virus A adalah virus yang paling kuat dan mematikan, bahkan pada kasus tertentu dapat menyebabkan epidemic serta kematian dalam skala besar. Secara berurutan virus B dan C cenderung lebih tidak berbahaya. Masalahnya adalah virus tersebut terus bermutasi, ketika seseorang terkenal virus influenza, secara otomatis tubuh mereka akan membuat antibody untuk melawan virus tersebut, namun tidak berlaku apabila virus telah bermutasi. Karena itulah ada penekanan pentingnya suntik imunisasi influenza, terlebih kepada orang yang rentan terserang penyakit.

Segala Tentang Influenza: Penyebab Dan Solusi

Influenza adalah penyakit yang tidak pandang bulu, siapapun dapat terkena penyakit ini karena penularannya dapat melalui udara, atau melalui benda benda yang terkenal kontak dengan orang yang mengidap penyakit ini. Namun tetap saja ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terserang penyakit ini, antara lain:

  • Faktor Usia
  • Penyakit kronis, seperti paru paru ataupun diabetes
  • Kondisi tubuh yang kurang fit
  • Kehamilan

Segala Tentang Influenza: Penyebab Dan Solusi

Pentingnya pengetahuan Anda terhadap cara menghindari penyakit flu tentu akan sangat diperlukan. Beberapa cara tersebut adalah seperti; Menjaga kebersihan tangan, Makan dan istirahat secara teratur, berolahraga dengan rutin, sebisa mungkin hindari terlalu lama berada di dekat orang yang telah terserang penyakit flu. Jika secara kebetulan Anda juga terserang penyakit tersebut, maka segera tunda semua aktivitas Anda dan beristirahatlah dengan cukup. Pada dasarnya flu yang cepat selesai adalah flu yang segera ditangani, dan istirahat adalah obat terbaik untuk penyakit influenza ini, tentu dengan bantuan obat yang dapat Anda temukan dimanapun.

Sumber gambar: medicaldaily,alodokter

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us