Penyebab Dan Solusi Mengatasi Gigi Sensitif


Pernahkah Anda membayangkan rasa ngilu yang teramat sangat ketika mengkonsumsi makanan dingin atau panas? Tentu saja keadaan tersebut akan sangat mengganggu karena akan membatasi makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Kondisi ngilu atau tidak nyaman pada gigi tersebut dinamakan gigi sensitif. Gejala gigi sensitif sebenarnya sangat mudah dikenali karena umumnya gejala tersebut hanya muncul ketika saat saat tertentu, pada kasus gigi sensitif rasa tidak enak tersebut akan muncul ketika Anda mengkonsumsi makanan dengan suhu yang panas ataupun dingin, bahkan ketika Anda sedang menyikat gigi. Jika Anda atau kerabat Anda memiliki gejala tersebut, maka ada baiknya jika anda simak ulasan sederhana kami di bawah ini.

Penyebab Dan Solusi Mengatasi Gigi Sensitif, cara mengobati gigi sensitif, penyebab gigi sensitif, info menarik, info kesehatan, ulasan kesehatan, tips sehat

Gigi sensitif, seperti yang telah kami paparkan di atas adalah rasa tidak nyaman ataupun ngilu yang terjadi secara sesaat yang umumnya dipicu oleh makanan yang panas, dingin, atau terlalu asam. Memang rasa sakit tersebut tidak bertahan lama selayaknya penyakit sakit gigi pada umumnya, namun rasa sakit tersebut cukup tajam dan cenderung mengejutkan, tentu saja akan mengganggu kegiatan Anda. 

Penyebab Dan Solusi Mengatasi Gigi Sensitif, cara mengobati gigi sensitif, penyebab gigi sensitif, info menarik, info kesehatan, ulasan kesehatan, tips sehat

Gigi sensitif terjadi ketika bagian gigi yang lembut dan terletak di bawah lapisan enamel  atau biasa disebut dengan dentin terekspos tanpa perlindungan. Dentin ini mengandung beberapa tabung yang berisi cairan yang langsung terhubung dengan syaraf pada gigi. Ketika dentin yang tidak terproteksi tersebut terkena oleh rangsangan berupa suhu ataupun rasa, maka secara otomatis syaraf akan bereaksi dan menimbulkan rasa ngilu yang tajam dan mendadak.

Berikut tiga faktor utama penyebab datangnya gigi sensitif , antara lain:


  • Menyikat Gigi Terlalu Keras

Diantara faktor penyebab datangnya gigi sensitif, menyikat gigi terlalu keras menjadi penyebab paling utama. Menyikat gigi terlalu keras dapat merusak enamel dan mengakibatkan terbukanya dentin, hal ini juga dapat mengakibatkan penyusutan gigi.

  • Produk Pemutih Gigi

Memang pasta gigi adalah hal yang bagus dalam menjaga kesehatan dan kondisi gigi, namun bagi beberapa orang penggunaan pasta gigi yang kurang tepat dapat mengakibatkan datangnya penyakit gigi sensitif ini.  Namun gejala akan hilang ketika penggunaan pasta gigi dihentikan dan beralih ke produk lain.

  • Mengkonsumsi Makanan Kurang Sehat

Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang terlalu asam, atau makanan panas dan dingin dalam rentang waktu yang cukup dekat dapat mengikis lapisan email gigi yang melindungi dentin.

Penyebab Dan Solusi Mengatasi Gigi Sensitif, cara mengobati gigi sensitif, penyebab gigi sensitif, info menarik, info kesehatan, ulasan kesehatan, tips sehat

Memang penyakit gigi sensitif adalah penyakit yang tidak menyenangkan, namun ada beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda mengatasi gigi sensitif ini:

  1. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut
  2. Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif
  3. Selalu jaga kebersihan mulut
  4. Perhatikan pola makan

Tips di atas setidaknya akan membantu mengurangi atau mengatasi gejala gigi sensitif yang mengganggu, namun tentu saja jika Anda memerlukan penanganan khusus, Dokter gigi adalah solusi terbaik untuk masalah Anda.

Sumber gbr:abbydental.ca

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us