Penelitian Ungkap Bertambahnya Usia Bukan Jawaban Dari Segala Penyakit


Anda tentu setuju bahwa semakin bertambahnya usia, kondisi tubuh seseorang akan semakin lemah bukan? Faktanya memang usia membawa pengaruh paling besar dalam kondisi tubuh fisik seseorang. Tidak hanya itu, usia juga membawa pengaruh pada kondisi mental dan kemampuan berpikir seseorang, karena itulah umumnya penyakit pikun cenderung dikaitkan dengan senjanya usia, walau tetap tidak menutup kemungkinan penyakit tersebut menyerang orang dengan usia yang lebih muda juga. 

Penelitian Ungkap Bertambahnya Usia Bukan Jawaban Dari Segala Penyakit

Masalahnya, dogma bahwa usia adalah salah satu penyebab menurunnya kondisi fisik dan menyebabkan datangnya penyakit telah tertanam di pikiran kebanyakan orang. Hal tersebut mengakibatkan suatu tatanan pemikiran bahwa jika seseorang terkena penyakit yang cukup unik, maka mereka cenderung akan berkata “Sudah umurnya” atau “Sedah umur sekian, wajar terkena penyakit ini”. Hal tersebut tentu saja merupakan pemikiran yang salah, Anda juga harus mulai menanamkan pemikiran bahwa walau tidak bisa dipungkiri usia merupakan salah satu penyebab datangnya penyakit, namun bukan berarti semua penyakit dapat dikaitkan dengan usia. 

Asumsi tentang pertambahan usia memang sudah melekat pada masyarakat, tidak hanya sekedar di Indonesia saja, namun di berbagai belahan dunia. Dr. Christopher Callahan, direktur dalam bidang riset ilmu pengetahuan usia manusia di Universitas Medis Indiana mengatakan bahwa kebanyakan dari pasiennya mengeluhkan berbagai macam gejala penyakit namun cenderung pasrah karena menganggap hal tersebut dikarenakan usia mereka yang cukup senja. “Padahal faktanya perasaan letih, lemaah, lelah, serta depresi tidak sejalan dengan bertambahnya usia”, tungkasnya.
 
Penelitian Ungkap Bertambahnya Usia Bukan Jawaban Dari Segala Penyakit

Pernyataan Callahan juga sejalan dengan pemikiran Dr. Jeane Wei, seorang geriatrician di Universitas Medis Arkansas. Beliau mengatakan “Entah kenapa orang orang memiliki semacam persepsi yang diformulasikan dari budaya, yang menyatakan bahwa pertambahan usia berjalan lurus dengan menurunnya kesehatan, hal tersebut tidak benar”.  Dia juga mengatakan bahwa kita adalah orang yang beruntung karena lahir di era dimana obat untuk berbagai macam penyakit sudah tersedia.

Sekali lagi memang benar bahwa usia memegang pengaruh penting terhadap kondisi seseorang. Namun bukan berarti ketika Anda atau saudara tua Anda mengalami Gejala Lemah, atau tingkat memori yang menurun, atau mungkin kemampuan motoric yang berkurang, penyebab utamanya adalah usia. Segera hubungi dokter terdekat sehingga mereka dapat melakukan follow up terhadap diagnosa penyakit yang kemungkinan menyerang Anda atau saudara Anda.

Penelitian Ungkap Bertambahnya Usia Bukan Jawaban Dari Segala Penyakit

Menjaga kesehatan memang bukan hal yang mudah, banyak kegiatan yang harus dijaga serta kebiasaan baik yang harus dipelihara. Usia juga bukan merupakan hal yang dapat dihindari, bertambahnya usia adalah bagian dari perkembangan yang normal. Sebaiknya mulai saat ini ketika Anda terkena salah satu gejala penyakit, jangan segera menyimpulkan bahwa penyebabnya adalah usia dan menganggapnya enteng, segera konsultasikan dengan dokter karena bisa saja gejala tersebut merupakan pertanda dari datangnya penyakit yang lebih besar.

Sumber gambar: CNN, paulashealthyliving

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us