Mengenal Lebih Dekat Penyakit Para Remaja, Jerawat


Jerawat adalah salah satu penyakit yang paling sering muncul, khususnya pada remaja  yang sedang mengalami masa pubertas. Pada dasarnya jerawat sendiri bukan termasuk penyakit yang berbahaya dan tidak mengancam nyawa, walaupun tentu saja dalam kasus yang parah tetap memerlukan penanangan dari dokter ataupun ahli kecantikan. Faktor utama dari penyebab jerawat menjadi sebuah momok bagi kalangan remaja adalah area tumbuhnya yang menyerang daerah muka. Walaupun tidak terbatas pada bagian muka saja, namun hampir sebagian besar kasus jerawat yang membutuhkan perhatian khusus adalah jerawat pada bagian muka. 

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Para Remaja, Jerawat

Tumbuhnya jerawat ini tentu saja dapat berpengaruh terhadap kepercayaan diri  karena bagi remaja daerah muka adalah salah satu “aset” yang harus mereka jaga. Hingga pada akhirnya mereka mencoba jalan pintas untuk menghilangkan jerawatnya, yaitu dengan memecahkannya secara paksa yang sayangnya justru akan memperparah peradangan jerawat tersebut. Maka dari itu, kami akan mengulas lebih dalam mengenai apakah sebenarnya jerawat serta penyebabnya.

Jerawat terjadi karena folikel rambut yang tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak, semua hal tersebut umumnya terjadi pada kulit. Masalah muncul ketika semuanya bercampur dan menjadi tempat tumbuhnya bakteri, mengakibatkan infeksi pada pori pori kulit lalu menjadi seperti yang Anda tahu yaitu berupa benjolan yang berisi nanah ataupun darah. Area pada tubuh yang cenderung untuk terserang jerawat adalah muka, punggung , leher, dada dan bahu, karena daerah tersebut memiliki kelenjar minyak fungsional yang banyak.  Jerawat sendiri masih dapat dikategorikan menjadi dua tipe, yaitu jerawat yang tidak meradang (Komedo) serta jerawat yang meradang .

Baca juga : Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Para Remaja, Jerawat

Jerawat yang tidak meradang umumnya dikenal dengan nama whitehead dan blackhead. Seperti namanya, klasifikasi ini dapat dibedakan hanya dengan melihat bagian head atau kepala dari jerawat. Jerawat dalam kategori ini termasuk dalam jerawat ringan, namun tetap memiliki potensi untuk berubah menjadi jerawat yang meradang.

Ada tiga jenis jerawat yang meradang; pertama adalah papula, yaitu kondisi dimana folikel yang tersumbat mengalami infeksi, umumnya ditunjukkan dengan benjolan berwarna merah pada kulit. Kedua adalah Nodula, yaitu benjolan yang muncul di bawah kulit, umumnya menimbulkan rasa sakit. Ketiga yaitu jenis peradangan yang parah yaitu Kista, yaitu benjolan yang berakar di  dalam kulit, umumnya disertai dengan  rasa panas dan sakit pada bagian yang terinfeksi, hampir 100% radang kista ini akan meninggalkan bekas pada permukaan kulit.

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Para Remaja, Jerawat

Jika Anda merasakan gatal dan perih pada salah satu bagian kulit, itu merupakan gejala awal dari tumbuhnya jerawat, segera bersihkan muka Anda dan jangan Anda sentuh agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Pada artikel selanjutnya, kami akan mengulas penyebab dan cara mengatasi jerawat, so stay tuned!

Sumber gbr:onhealth

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us