Mengenal Gejala Dan Penyebab Penyakit Asma


Dari dulu hingga sekarang penyakit asma merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit yang membutuhkan perhatian khusus di Indonesia. Saat ini, data prevalensi asma yang ada di Indonesia mencapai 5-7% yang berarti ada sekitar 7 orang yang terjangkit penyakit asma. Diantara jumlah tersebut hingga 30% nya memerlukan perhatian khusus dan harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit akibat mengidap penyakit asma yang akut. Penyebab asma akut tersebut dapat terjadi karena beberapa hal; antara lain keterlambatan diagnosa atau pengobatan yang kurang tepat. Tentu Anda sebagai orang biasa tidak mampu berbuat banyak terhadap pengobatan karena hal tersebut berada di tangan yang sudah ahlinya. Namun ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai penyakit asma ini agar kedepannya dapat menolong kerabat atau orang terdekat Anda.

Mengenal Gejala Dan Penyebab Penyakit Asma

Bagi Anda yang belum mengetahui penyakit asma biasanya menganggap bahwa asma hanyalah gejala sakit pernapasan biasa dimana penderitanya mengalami kesulitan bernapas dikarenakan beberapa hal tertentu.  Untuk lebih spesifiknya, asma adalah sebuah kondisi dimana saluran pernapas, khususnya pada bagian bronchial yang berada pada paru paru mengalami penyempitan, hal tersebut mengakibatkan penderita mengalami kesulitan bernapas.  Maka tidak heran bahwa seeorang yang penyakit asmanya tengah kambuh terlihat tersengal sengal saat bernapas, bahkan acap kali mengeluarkan suara bernapas yang terdengar menyakitkan.

Ada beberapa penyebab terjadinya penyakit asma, antara lain:


  • Polusi udara
  • Infeksi saluran pernapasan
  • Pengaruh kondisi mental (rasa cemas, stress, takut, depresi)
  • Bulu binatang
  • Olahraga yang berlebihan
  • Udara dingin

Mengenal Gejala Dan Penyebab Penyakit Asma

Penyebab tersebut dapat memicu kambuhnya penytakit asma, lebih lanjut lagi Anda juga harus mengetahui bagaimana gejala yang terjadi pada penderita asma ketika penyakitnya kambuh, gejala tersebut antara lain:

1. Kesulitan Bernapas
Gejala asma yang paling umum terlihat adalah kesulitan bernapas. Gejala ini dapat timbul secara tiba tiba, walau penderita sedang melakukan kegiatan sehari hari dan tidak ada faktor pemicu yang berarti. 

2. Nyeri Pada Bagian Dada
Gejala kedua yang biasanya mengikuti penyakit asma adalah nyeri pada bagian dada. Nyeri tersebut berbeda dengan nyeri pada penderita penyakit jantung, rasa nyeri pada penyakit asma adalah perasaan seperti ditekan pada bagian dada, seakan akan ada beban berat yang mencegah penderita untuk bernapas.

3. Batuk dan Sesak Napas
Gejala ketiga adalah batuk secara terus menerus yang pada akhirnya membawa penderita mengalami sesak napas sekala berkala. Batuk yang terjadi juga tidak seperti penyakit batuk pada umumnya. Batuk asma cenderung kering dan mengakibatkan napas menjadi pendek.

Mengenal Gejala Dan Penyebab Penyakit Asma

Gejala gejala asma tersebut dapat muncul secara bersamaan, dan tentu saja dibutuhkan penanganan dari ahlinya. Pada kasus asma, solusi pengobatan paling tepat adalah dokter karena hingga saat ini asma masih tergolong penyakit yang tidak dapat disembuhkan secara total. Dengan berkonsultasi dengan dokter, maka tindak lanjut terhadap penyakit asma tersebut dapat segera dilakukan agar tidak terjadi penyakit yang lebih parah lagi.

Sumber gambar:health.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us