Mengapa Anda Terserang Penyakit Maag? Sebuah Ulasan Singkat


Pada dasarnya setiap hari Anda secara sadar maupun tidak sadar sedang bertarung melawan datangnya penyakit. Mulai dari Anda bangun hingga kembali tidur, tubuh Anda berusaha untuk memberi proteksi terhadap kemungkinan serangan bakteri yang datang dari lingkungan luar. Karena itulah jatuh sakit dikala tengah sibuk adalah hal yang wajar, karena saat itu kondisi tubuh sedang melemah dan tentu saja menjadi santapan bagi penyakit yang datang. Dengan beristirahat dan meminum cukup obat biasanya penyakit ringan tersebut akan pergi dengan sendirinya, namun beberapa penyakit ringan dapat berkembang menjadi penyakit yang lebih parah jika tidak mendapat penanganan dengan cepat, maag atau biasa disebut dengan gastritis adalah salah satunya. 

Mengapa Anda Terserang Penyakit Maag? Sebuah Ulasan Singkat

Anda mungkin sudah mengenal penyakit ini, karena maag dapat menyerang segala jenis usia mulai dari tua maupun muda. Maag adalah kondisi sakit di bagian lambung, biasanya ditandai dengan rasa nyeri di perut bagian atas, dalam kasus yang parah akan terjadi nausea ataupun muntah. Penyakit Maag tergolong penyakit yang tidak membahayakan namun pada kasus tertentu seperti penyakit Chronic Gastritis memerlukan penanganan dokter. Umumnya cara menangani maag ini sangat sederhana, yaitu mencari penyebab utamanya dan melakukan proses penyembuhan berdasarkan penyebab tersebut.

Ada dua penyebab utama penyakit maag ini; pertama adalah bakteri Helicobacter Pylorior atau biasa disingkat dengan H.Pylori. Kedua adalah penggunaan Nonsteroidal anti-inflammatory Drugs (NSAIDs)  atau penggunaan obat obat tertentu. Selain itu beberapa penyebab lain adalah infeksi, permasalahan sistem imunitas, dan penyakit lain seperti  Sarcoidosis atau gejala Crohn’s Disease. Alkohol atau minuman keras juga dikenal sebagai salah satu pemicu datangnya penyakit ini.

Mengapa Anda Terserang Penyakit Maag? Sebuah Ulasan Singkat

Secara teknis  kita memliki suatu proses pembersihan yang terjadi di dalam lambung, ketika kita menelan makanan, tubuh kita memproduksi sejenis asam yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang terkandung di dalam makanan tersebut, biasa kita kenal dengan asam lambung. Karena sifat dari asam lambung yang tergolong korosif, maka lambung secara otomatis memiliki lapisan untuk melindungi dinding lambgung dari asam tersebut, umumnya sudah terjadi keseimbangan antara asam lambung dengan lapisan pelindung ini. Penyakit maag atau gastritis terjadi karena lapisan lambung yang berfungsi untuk melindungi dari asam lambung menipis yang diakibatkan oleh berbagai macam hal sehingga keseimbangan antara asam lambung dan lapisan pelindung tersebut terganggu dan pada akhirnya menimbulkan rasa sakit.

Mengapa Anda Terserang Penyakit Maag? Sebuah Ulasan Singkat

Penderita penyakit maag ringan akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan pengobatan dan berjalannya waktu. Sedangkan untuk penderita penyakit Chronic Gastritis atau maag kronis jika tidak segera ditangani dapat mengakibatkan komplikasi. Beberapa contoh komplikasi adalah radang dinding lambung, pendarahan dinding lambung, anemia, kanker, masalah pada ginjal, bahkan kematian. Untuk bagaimana cara mencegah dan mengatasi maag akan kami ulas di artikel selanjutnya.

Sumber gbr: md-heealth, steptohealth
 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us