Khasiat dan Manfaat dibalik Cerahnya Buah Jeruk


Siapa yang tidak tahu dengan buah yang satu ini, buah jeruk. Warna oranye dan hijaunya pasti membuat orang ingin memakannya. Namun, apakah anda tahu dibalik warna yang menarik dan juga rasa kecut, asam dan manisnya yang unik, ada manfaat terkandung didalamnya. Seperti halnya buah lainya, jeruk yang terkenal memiliki kandungan vitamin C yang melimpah ternyata memiliki kandungan lainnya yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja sebenarnya manfaat buah jeruk ini? Apakah buah jeruk memiliki khasiat unik untuk tubuh manusia? Apakah buah jeruk juga baik untuk ibu yang sedang mengandung? Dan apa jeruk juga baik untuk pertumbuhan anak? 

Khasiat dan Manfaat dibalik Cerahnya Buah Jeruk

Buah - buahan dalam hal ini adalah salah satu cara alami dalam menghindari penyakit, namun banyak orang yang masih enggan makan buah. Buah sendiri memiliki kandungan yang sangat banyak, dan tentu kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kandungan tersebut digunakan untuk menetralisirkan virus atau racun yang ada pada tubuh kita. Banyak sekali fungsi dari kandungan yang terdapat pada buah - buahan, khusunya jeruk. Manfaat jeruk sangatlah banyak. Membunuh virus, menetralisirkan racun, membantu regenerasi sel tubuh dan lain sebagainya. Mari simak ulasan berikut ini.

Banyak manfaat yang terkandung dalam buah jeruk. Salah satu kandungan yang mungkin sudah anda ketahui adalah vitamin C. Apa sih sebenarnya vitamin C itu dan apa khasiatnya buat kesehatan tubuh kita? 

Khasiat dan Manfaat dibalik Cerahnya Buah Jeruk

Vitamin C adalah zat yang berfungsi sebagi anti-oksidan pada tubuh kita. Anti-oksidan dari vitamin C ini dapat melindungi sel - sel tubuh kita dari radikal bebas yang tentunya dapat mengarahkan kita pada penyakit - penyakit kronis. Potensi terbesar dari radikal bebeas didalam sel adalah berkembangnya sel kanker. Tentu kita tidak mengharapkan hal tersebut bukan. Vitamin C sendiri sangat baik bagi sistem imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh. Ini membantu kita agar terhindar dari virus penyakit yang akan menyerang sel - sel pada tubuh kita.

Selain vitamin C sendiri buah jeruk juga memiliki kadar potasium yang dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi. Membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah pada tubuh kita. Ketika kadar potasium pada tubuh kita berkurang maka detak jantung tidak seirama atau tidak seimbang. Oleh karenanya, potasium juga melindungi kesehatan jantung kita agar tetap bisa berfungsi maksimal dalam memompa aliran darah untuk tubuh kita. Serat yang terkandung pada jeruk pun sangatlah tinggi. Dengan serat, kita dapat melancarkan pencernaan kita, khususnya untuk BAB. 

Khasiat dan Manfaat dibalik Cerahnya Buah Jeruk

Ulasan sedikit tantang kadar yang ada pada jeruk diatas dikira dapat membantu pemahaman kita terhadap kandungan yang ada pada buah jeruk. Nah sekarang mari masuk ke topik utama. Apa sih manfaat dari buah jeruk itu? Simak ulasan berikut.

  • Menjaga sistem imun

Seperti yang ada pada ulasan diatas. Buah jeruk memiliki vitamin C yang dapat menjaga sistem imun pada tubuh kita. Vitamin C yang membantu kita agar tercegah dari radikal bebas.

  • Memiliki zat fitokimia yang menghindarkan dari kanker

Karena jeruk adalah buah yang tergolong dalam kategori citrus, oleh karena  itu jeruk mampu menghindarkan kita dari sel - sel kanker.

  • Menjaga kesehatan pernapasan

Dengan mengkonsumsi buah yang mengandung beta-cryptoxanthin ini dapat menghindarkan kita dari tumbuhnya sel kangker paru - paru.

  • Mengurangi tingkat kolesterol

Fiber yang pada buah jeruk mampu menetralisir dan menekan kolesterol sangat rendah.

  • Menjaga kesehatan jantung

Beberapa kandungan dalam jeruk seperti vitamin C, fiber, potasium dan kolin ini sangat baik untuk jantung. Seperti yang telah diulas, potasium ini berfungsi untuk menjaga irama dari detak jantung. Jika tubuh kekurangan potasium maka detak jantung tidak akan seirama dan akan menimbulkan beberapa keluhan, dan yang lebih orang yang memiliki detak jantung tidak seirama akan menerima dampak besar terkena serangan jantung.

  • Menurunkan diabetes

Dengan fiber yang terkandung pada buah jeruk, kadar gula pada tubuh dapat dikurangi. Buah dalam kategori citrus memang sangat baik dalam menurunkan gula darah. Dan juga kadar gula yang terkandung dalam buah jeruk termasuk dalam kategori rendah.

  • Menjaga kesehatan kulit

VItamin C dalam buah jeruk juga sangat baik untuk kesehatan  kulit kita. Vitamin C berperan dalam melindungi kulit kita dari kerusakan sel yang ada pada kulit. Kolagen yang ada pada kulit sangat diperlukan untuk  menjaga tekstur pada kulit tubuh.

  • Sangat baik untuk menghindari dari infeksi virus

Dengan banyaknya zat kandungan polifenol dalam buah jeruk, ini dapat membantu tubuh kita agar terhindar dari infeksi virus.

  • Menjaga kesehatan pencernaan dan dapat menurunkan berat badan.

Kadar fiber yang cukup tinggi dalam buah jeruk dapat membantu kesehatan sistem pencernaan kita. Jeruk juga baik untuk menurunkan berat badan, karena jeruk memiliki kadar lemak yang sangat rendah. Oleh karenanya jeruk bisa juga dijadikan snak harian kita, untuk menjaga lemak tubuh kita.

  • Menghindarkan tumbuhnya batu ginjal

Dengan meminum jus jeruk, resiko terkena batu ginjal dapat berkurang. Ini dikarenakan dengan meminum jus jeruk, kadar ph urin dan juga asam citric yang meningkat yang mengurangi resiko batu ginjal.

Khasiat dan Manfaat dibalik Cerahnya Buah Jeruk

Nah, seperti ini ulasan dari kami untuk manfaat dari buah jeruk sendiri. Tapi perlu diingat bahwa buah yang memiliki manfaat bukan hanya jeruk, masih banyak buah lainnya yang dapat memberikan zat - zat lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Seperti yang kita tahu istilah dari "4 sehat, 5 sempurna" dalam istilah tersebut buah - buahan termasuk didalamnya dan menjadi bagian penting bagi kesehatan tubuh kita. Selain manfaat tersebut, ada juga manfaat lain dari buah jeruk, apa manfaatnya? tunggu artikel selanjutnya. Stay healthy!!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us