Kenali Penyebab Mual Setelah Makan Sebelum Terlambat


Anda tentu saja pernah atau bahkan sering merasakan perasaan tidak enak di dalam perut, atau dalam pangkal tenggorokan bukan? Hal tersebut biasa disebut dengan mual. Istilah mual ini kerap dikaitkan dengan pertanda bahwa Anda akan muntah. Perasaan mual ini merupakan hal yang wajar terjadi, dan kecil kemungkinan dapat mengakibatkan sesuatu yang fatal . Perasaan mual adalah salah satu isyarat bahwa ada beberapa materi yang harus dikeluarkan oleh tubuh  atau perut Anda sedang mengalami iritasi. Penyakit mual ini sering datang setelah makan, pada dasarnya mual setelah makan disebabkan oleh beberapa hal, antara lain makanan yang terlalu berminyak atau volume makanan yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak. Walau penyakit mual tergolong penyakit yang tidak berbahaya, namun jika terjadi terus menerus tentu saja membutuhkan perhatian khusus.

Kenali Penyebab Mual Setelah Makan Sebelum Terlambat

Berikut ini adalah beberapa penyebab mual setelah makan:


  • Penyakit Gastroenteritis

Umumnya dikenal dengan istilah keracunan makanan, penyakit ini  adalah salah satu penyebab utama mual dan muntah. Gastroenteritis ini sebenarnya adalah sebuah infeksi yang muncul akibat serangan bakteri atau virus di dalam perut. Ketika sudah dalam tahap yang lebih lanjut, infeksi ini dapat mengakibatkan penyakit diare.

  • GERD (Gastroesophegeal Reflux Disease)

Salah satu penyebab mual lainnya adalah penyakit GERD atau adanya masalah pada asam lambung. Pada kondisi ini bagian kerongkongan tidak berfungsi dengan sempurna sehingga terjadi refluks atau makanan yang naik kembali ke atas kerongkongan. Umumnya terjadi ketika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas, asam maupun berlemak karena ketiga makanan tersebut dapat memicu terjadinya penyakit ini.

Kenali Penyebab Mual Setelah Makan Sebelum Terlambat


  • Tukak Lambung

Tukak lambung adalah rasa sakit yang terjadi akibat luka pada lapisan lambung. Kondisi ini terjadi karena infeksi bakteri atau akibat penggunaan obat obatan anti peradangan nonsteroid seperti aspirin ataupun ibuprofen. Orang yang terserang penyakit ini umumnya akan merasakan perih di bagian ulu hati  dan perut kembung. Tentu saja hal tersebut mengakibatkan perasaan mual dan ingin muntah setelah mengkonsumsi makanan juga.

  • Alergi

Walau terlihat sederhana, sebenarnya alergi juga dapat memicu mual setelah makan. Beberapa orang akan mendapatkan reaksi alergi yang bermacam macam, mulai dari ruam kulit atau muntah yang terjadi sesaat setelah mengkonsumsi makanan yang menjadi allergen.

  • Faktor Psikologi

Tidak semua rasa mual disebabkan oleh penyakit tertentu, terkadang faktor psikologis juga dapat berpengaruh. Contoh paling umum adalah faktor kecemasan atau sugesti seperti “Jika Anda memakan X maka Anda akan muntah”.

Kenali Penyebab Mual Setelah Makan Sebelum Terlambat

Beberapa faktor diatas adalah penyebab mual setelah makan yang paling utama. Namun jika Anda sudah terlanjur terserang oleh mual, sebaiknya Anda minum air yang sedikit manis, dan berhenti mengkonsumsi apapun sampai rasa mual itu hilang. Jika rasa mual setelah makan terjadi secara berulang ulang dalam waktu yang lama, maka sebaiknya Anda segera hubungi dokter.


Sumber gambar: health.liputan6


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us