Kenali Lebih Dekat Penyakit Kesemutan


Anda tentu tidak asing dengan penyakit kesemutan bukan? Yaitu perasaan seperti sedang digigit semut yang umumnya terjadi pada bagian kaki. Tentu perasaan tersebut bukanlah perasaan yang nyaman karena tidak hanya mengganggu, penyakit kesemutan tersebut juga terkadang menyebabkan kita tidak dapat melakukan apa apa karena harus menunggu kesemutannya hilang terlebih dahulu. Dalam itilah bahasa Inggris, penyakit ini disebut dengan pins and needles, tidak aneh memang karena rasa sakit yang ditimbulkan penyakit ini bukan rasa perih maupun linu, namun seperti ditusuk tusuk jarum dan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Dalam istilah kedokteran penyakit ini disebut dengan paresthesia, yaitu penyakit yang disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah. Memang rasa kesemutan dapat datang secara tiba tiba, maka lebih baik jika Anda mengenal lebih dekat penyakit ini.

Kenali Lebih Dekat Penyakit Kesemutan

Penyakit kesemutan adalahg penyakit yang tidak kenal pandang bulu, penyakit ini dapat datang kapanpun dan menyerang siapapun tidak terbatas oleh usia. Berikut adalah beberapa fakta dari penyakit kesemutan yang perlu Anda ketahui:

  • Semua orang pasti pernah mengalami kesemutan
  • Kesemutan dapat terjadi pada seluruh permukaan tubuh, umumnya pada bagian kaki
  • Kesemutan terjadi hanya dalam hitungan menit, namun kasus yang parah dapat terjadi dalam berminggu minggu
  • Kesemutan bukan penyakit yang membutuhkan penanganan medis. Namun tetap ketika terjadi dalam waktu lama maka perlu ada tindak lanjut
  • Semakin tua maka akan semakin mudah terkena kesemutan

Kenali Lebih Dekat Penyakit Kesemutan

Kesemutan terjadi saat adanya hambatan pada jalur yang menghubungkan antara syaraf dan otak. Ketika jalur tersebut terhambat dalam waktu cukup lama, maka akan menimbulkan mati rasa, karena itulah biasanya ketika Anda mengalami kesemutan, bagian yang terserang akan terasa tidak bisa digerakkan. Proses terjadinya kesemutan itu sendiri adalah ketika hambatan pada hubungan antara syaraf dengan otak tersebut mulai terlepas, sehingga menimbulkan perasaan seperti ditusuk tusuk jarum kecil. Kesemutan dapat diakibatkan oleh hal sederhana maupun sebagai pertanda akan penyakit yang lebih parah, berikut adalah penyebab dari kesemutan:

Kesemutan Ringan

Kesemutan dapat diklasifikasikan ke dalam kesemutan ringan ketika gejala rasa sakit hanya terjadi dalam hitungan menit. Penyakit kesemutan ini terjadi ketika salah satu bagian tubuh kita terkena tekanan dalam waktu cukup lama, seperti bersila terlalu lama atau tidur dengan menggunakan bantal tangan. Kesemutan akan hilang dengan sendirinya ketika Anda memperbaiki posisi duduk atau tidur.

Kesemutan Berat

Kesemutan ini terjadi dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut menandakan adanya indikasi penyakit lain seperti sciatica, carpal tunnel syndrome, neuritis, atau penyakit syaraf. Kesemutan berat membutuhkan penanganan lebih lanjut dari dokter.

Kenali Lebih Dekat Penyakit Kesemutan

Beberapa penjelasan diatas adalah penyebab dan proses terjadinya kesemutan. Jika Anda sering mengalami penyakit tersebut maka lebih baik Anda lakukan hal yang tidak menimbulkan munculnya penyakit tersebut karena saat ini Anda sudah mengetahui penyebab serta cara menyembuhkannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us