Gejala Dan Penyebab Penyakit Kudis


Penyakit gatal pada kulit adalah hal yang sangat mengganggu, apalagi ketika gatal tersebut muncul disaat Anda tengah melakukan hal hal penting, seperti bekerja, makan, ataupun sedang berkumpul bersama keluarga. Gatal pada kulit dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain biang keringat, jamur, ataupun alergi terhadap zat tertentu. Selain rasa gatal yang mengganggu, penyakit pada kulit juga dapat mengakibatkan anomaly seperti berubahnya warna kulit, pada kasus yang parah perubahan tersebut dapat menjadi koreng atau seperti bersisik. 

Gejala Dan Penyebab Penyakit Kudis

Salah satu penyakit kulit yang paling mudah menyerang Anda adalah penyakit kudis. Penyakit kudis atau dalam istilah medis dikenal dengan scabies ini  adalah salah satu penyakit kulit yang tergolong parah karena disebabkan oleh hewan mikroorganisme berupa kutu kecil yang biasa kita sebut tungau atau Sarcoptes Scaibei dengan varian hominis. Hewan ini berukuran kurang lebih 0.3-0.5 mm sehingga sangat sulit dilihat tanpa menggunakan alat bantu khusus atau mikroskop. Ketika tungau betina tersebut telah dibuahi, maka hewan kecil tersebut akan bersarang di bawah lapisan kulit untuk meletakkan telurnya, daerah yang berada di sekitar sarang tersebutlah yang kemudian menjadi sangat gatal dan umumnya berubah warna seperti kemerah merahan (ruam).

Kudis pada dasarnya memiliki masa inkubasi antara 30-60 hari sebelum rasa gatal muncul, maka tidak heran bahwa penderita kudis umumnya tidak sadar bahwa mereka tengah terkena penyakit ini. Sekali bertelur, tungau betina dapat menghasilkan 40-50 telur, maka dapat Anda bayangkan bagaimana penyebaran tungau ini di dalam lapisan kulit Anda. Pada anak anak, ruam tempat bersarangnya kutu ini umumnya muncul pada daerah wajah, leher, telapak tangan serta telapak kaki. Untuk kaum dewasa, gejala biasanya muncul di sekitar ketiak, payudara, sela sela jari, serta sekitar selangkangan.

Gejala Dan Penyebab Penyakit Kudis

Tungau termasuk salah satu hewan mikro organisme kuat yang tidak akan mati walau sudah terkena sabun mandi sekalipun, karena itu jika Anda atau saudara Anda diduga terkena penyakit ini segera laporkan ke dokter agar mendapat pertolongan medis secepatnya. Kudis yang tidak segera diobati dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit, seperti impertigo atau komplikasi berupa kudis keropeng, yaitu kondisi dimana ruam tempat bersarangnya kudis menjadi koreng dan bersisik, hal tersebut diakibatkan karena jumlah kudis yang sangat banyak.

Berikut adalah gejala penyakit kudis ini:


  • Gatal di sela sela jari atau pergelangan tangan
  • Gatal di sekitar perut atau pusar
  • Gatal pada bagian selangkangan
  • Gatal di sekitar payudara (pada wanita)


Gejala Dan Penyebab Penyakit Kudis

Anda sebaiknya tidak meremehkan penyakit kudis ini, karena penyakit ini adalah penyakit menular yang cukup berbahaya apabila tidak ditangani, penularan dapat terjadi melalui kontak secara langsung ataupun tidak langsung dengan penderita. Jadi sebaiknya jika ada anggota keluarga Anda yang didiagnosa terkena kudis Anda juga harus ikut memeriksakan diri ke dokter karena umumnya kudis ini menular dengan sangat cepat pada anggota keluarga yang tinggal seatap.

Sumber gambar: alodokter, mediskus

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us