Cara Sederhana Mengusir Nyamuk Tanpa Bahan Kimia


Musim telah berganti, saat ini Anda sudah harus siap dengan datangnya musim penghujan. Tentu saja ketika musim hujan, selain udara yang lebih dingin dari biasanya ada satu hal yang menjadi momok bagi setiap orang di seluruh Indonesia, yaitu nyamuk. Ketika musim penghujan, nyamuk cenderung berkembang biak dengan lebih intensif. Saat ini memang banyak produk yang dapat membantu Anda dari gangguan nyamuk mulai dari produk lotion anti nyamuk, obat semprot nyamuk, bahkan obat elektrik yang dapat menghalau masuknya nyamuk. Namun tahukah Anda bahwa sebagian produk tersebut mengandung bahan kimia? Walau memang produk produk tersebut mengklaim “aman” untuk digunakan tetapi Anda harus mampu melihat jauh ke depan, bagaimana jika keluarga Anda terekspos oleh bahan kimia tersebut dalam jangka waktu lama?  Sebenarnya ada beberapa trik sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengusir nyamuk secara alami.

Cara Sederhana Mengusir Nyamuk Tanpa Bahan Kimia

Sebelum masuk ke trik sederhana tersebut, maka ada baiknya jika Anda mengetahui zat kimi apa yang terkandung di dalam obat nyamuk yang dapat membahayakan keluarga Anda. Nama zat tersebut adalah DEET (Diethyltoluamide) yang umumnya terdapat pada pelembab, sebagian obat nyamuk oles juga menggunakan zat kimia ini. Benar memang zat ini terbukti efektif dalam mencegah gigitan nyamuk, namun zat kimia ini memiliki beberapa efek samping yaitu sesak napas, kesadaran diri berkurang, gemetar, bahkan hingga kejang kejang. 

Zat DEET ini juga termasuk zat yang berbahaya bagi kulit karena dapat menimbulkan reaksi kulit yang cukup parah jika digunakan secara berkepanjangan dalam waktu lama. Reaksi kulit tersebut dapat berupa melepuh, luka permanen seperti terbakar. Karena itulah sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan obat nyamuk lotion secara berkepanjangan. Lebih baik jika Anda menggunakan cara alami untuk mengusir nyamuk, tidak menimbulkan efek samping dan tidak berbahaya.

Cara Sederhana Mengusir Nyamuk Tanpa Bahan Kimia

Pernahkah Anda mendengar larangan untuk menggunakan pakaian berwarna gelap ketika malam hari? Jika sebelumnya Anda merasa hal tersebut aneh, maka Anda perlu tahu bahwa nyamuk cenderung menyukai warna gelap. Hal tersebut terjadi karena nyamuk merasa tertarik kepada cahaya, maka tidak aneh bahwa beberapa perangkap nyamuk melibatkan cahaya di dalamnya, salah satu bentuk dari cahaya adalah sinar Ultraviolet, khususnya UV A.

Cara Sederhana Mengusir Nyamuk Tanpa Bahan Kimia

Warna hitam mampu menyerap sinar dan menjadikannya panas, maka tidak aneh bahwa ketika siang hari Anda akan lebih berkeringat ketika menggunakan baju berwarna gelap. Rasa hangat dari resapan gelombang cahaya tersebut juga disukai nyamuk, maka ketika Anda ingin menguusir nyamuk pada siang atau malam hari, Anda cukup letakkan sumber cahaya atau pakaian berwarna gelap pada salah satu sudut kamar. Ketika nyamuk sudah berkumpul maka Anda dapat membunuh nyamuk nyamuk tersebut dengan cara 

  • Menggunakan raket nyamuk
  • Memukul Dengan tangan
  • Menempatkan lem serangga


Nyamuk memang terkenal sebagai hewan yang mengganggu, banyak resiko penyakit yang dapat dibawa oleh nyamuk tersebut, seperti demam berdarah. Namun penggunaan obat nyamuk yang mengandung bahan kimia juga tidak kalah berbahayanya karena itulah mungkin trik sederhana di atas dapat Anda gunakan agar terhindar dari serangan nyamuk.

Sumber gambar: harianindo,jatisariku

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

X

Mau dapat info dan berita seputar Kesehatan menarik?

Ikuti Facebook kami, klik SUKA

Contact Us